Ancamannya Penjara, Sanksi Warga yang Langgar atau Lawan Petugas Selama New Normal

Sebelumnya Polri mengaku siap mendukung pemerintah dan melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo agar di setiap titik keramaian ditempatkan personel

WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
NEW NORMAL - Pasukan Marinir berjaga di Stasiun Palmerah, Jakarta, Pusat, Rabu,(27/5/2020). 30 personil pasukan Marinir Cilandak ini bagian dari 340.000 personel TNI-Polri yang akan dikerahkan untuk persiapan tatanan kehidupan baru atau new normal selama pandemi Covid-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - ‎Polri mengedepankan persuasif selama memasifkan sosialisasi dan edukasi untuk mendisiplinkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan dalam memasuki tahapan new normal.

Meski begitu jika ada masyarakat yang melanggar aturan dan melawan petugas, Polri tidak segan menindak dan menyiapkan sanksi pidana bagi mereka.

"Polri mengedepankan upaya persuasif kepada warga selama new normal namun bagi masyarakat yang melanggar aturan atau melawan petugas dapat dikenai Pasal 212 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan atau denda paling banyak Rp 4500," tegas Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Kamis (28/5/2020).

 

Pasal 212 KUHP ini berisi : Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat, dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Sebelumnya Polri mengaku siap mendukung pemerintah dan melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo agar di setiap titik keramaian ditempatkan personel TNI/Polri untuk lebih mendisiplinkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan menuju new normal.

Sebayak 340 ribu pasukan disiapkan. M‎ereka bertugas mengawal new normal yang mulai diterapkan di 4 provinsi yakni Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Gorontalo serta 25 kabupaten/kota.

Sesuai tupoksinya, 340 ribu pasukan‎ ini bakal melindungi, mengayomi masyarakat di 1800 titik tempat fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, mall, pasar tradisional hingga tempat wisata.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Warga Bisa Dipidana Jika Melawan Petugas Polri saat New Normal

Editor: Weni Wahyuny
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved