Corona di Sumsel

Inilah 25 Pokok Pikiran Jurnalis Sumsel Selama Pandemi Covid-19, Stop Seremonial

Sejumlah jurnalis di Sumatera Selatan menggelar diskusi secara online untuk menemukan solusi peliputan berita selama masa pandemi Covid-19, Minggu (29

Editor: Prawira Maulana
Shutterstock via Kompas.com
FOTO ILUSTRASI - Penanganan pasien terinfeksi virus Corona 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sejumlah jurnalis di Sumatera Selatan menggelar diskusi secara online untuk menemukan solusi peliputan berita selama masa pandemi Covid-19, Minggu (29/3.2020).

Diskusi ini untuk menjawab keluhan para jurnalis tentang kerja otoritas penanganan Covid-19 di Sumsel khususnya yang berhubungan dengan jurnalisme.

Diskusi ini diinisiasi oleh AJI Palembang dengan menghadirkan pemantik dari ketua sejumlah organisasi jurnalis di Sumsel antara lain, AMSI Sumsel, IJTI Sumsel, PFI Sumsel dan PWI Sumsel. Selain itu perwakilan pemimpin media massa juga hadir dari Tribun Sumsel, Sriwijaya Post dan Sumatera Ekspers.

Diskusi ini menyepakati perumusan surat terbuka yang berisi Pokok-pokok pikiran wartawan Sumsel sebagai solusi peliputan dan penyajian berita terkait Covid-19.

Berikut pokok-pokok pikiran, seruan dan solusinya:

Kepada Otoritas Penanggulangan Covid-19(Pemprov Sumsel, Pemda dan Gugus Tugas) :

1. Otoritas penanganan covid-19 menghindari penyelenggaraan konferensi pers/siaran pers tatap muka secara langsung yang mengundang jurnalis.

2. Otoritas penganangan Covid-19 menghentikan agenda seremonial yang kecenderungannya juga mengundang kerumunan baik jurnalis dan masyarakat.

3. Memaksimalkan fungsi-fungsi kehumasan dari otoritas terkait. Juru bicara otoritas penanganan Covid-19 harus responsip, khususnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari jurnalis via alat telekomunikasi (Standby Ponsel 24 Jam). Gubernur dan atau Bupati Walikota harus memberikan delegasi yang penuh pada Jubir Gugus Tugas sebagai saluran resmi informasi Covid-19 di wilayahnya.

4. Meniadakan wawancara doorstop.

5. Otoritas penanganan Covid-19 tak menutupi informasi-informasi yang penting bagi publik khususnya yang berhubungan dengan data sebaran dan jumlah positif covid 19 dan riwayat perjalanan.

6. Konferensi pers tatap muka bisa digantikan dengan live streaming, perekaman video, rilis foto dan teks disertai keterangan dan hak cipta sumber yang disiarkan. Bisa juga merujuk pada apa yang telah dilakukan Gugus Tugas Nasional.

7. Khusus untuk platform video, IJTI Sumsel siap menjadi bank data pemerintah daerah dan instansi terkait, untuk menyalurkan pemberitaan ke semua stasiun televisi sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus covid-19, dengan mengirimkan video dan data rilis ke email sumselijti1@gmail.com.

8. Membangun website khusus resmi untuk publikasi data, dokumentasi foto dan video dengan resolusi tinggi yang bisa diakses para jurnalis.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved