Berita Muara Enim

Satlantas Polres Muara Enim Luncurkan Smart SIM, Ini Manfaat dan Syarat Membuatnya

Polres Muaraenim melalui Satlantas luncurkan Smart SIM bagi pemohon SIM Baru ataupun yang akan melakukan perpanjangan SIM

Satlantas Polres Muara Enim Luncurkan Smart SIM, Ini Manfaat dan Syarat Membuatnya
Istimewa
Polres Muaraenim melalui Satlantas luncurkan Smart SIM bagi pemohon SIM Baru ataupun yang akan melakukan perpanjangan SIM, Senin (11/11/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Polres Muaraenim melalui Satlantas luncurkan Smart SIM bagi pemohon SIM Baru ataupun yang akan melakukan perpanjangan SIM, Senin (11/11/2019).

Kasat Lantas AKP Feby Febriana menjelaskan, Smart SIM ini adalah model Surat Izin Mengemudi (SIM) terbaru yang dikeluarkan oleh Polri dengan banyak manfaat.

"Smart SIM ini telah dilaunching pada HUT Polisi Lalu Lintas ke 64 pada 22 September yang lalu, dan untuk di Muaraenim baru hari ini kita luncurkan," katanya.

Dijelaskan Feby bahwa Smart SIM ini memiliki kelebihan dibanding SIM yang biasa.

Dimana Smart SIM ini bisa juga digunakan untuk membayar tol, tiket kereta, dan membayar denda tilang.

"Tapi itu harus di aktivasikan dulu ke bank yang sudah bekerja sama seperti BRI, BNI dan Mandiri, jadi nanti pemegang Smart SIM juga bisa menyimpan uang elektronik dengan batas saldo maksimal Rp 2 juta," katanya.

Tak hanya itu saja lanjutnya selain berfungsi sebagai E Money, Smart SIM juga memiliki Chip yang berisikan data diri yang sudah terintegrasi dengan dukcapil dan juga forensik kepolisian.

"Jadi semuanya sudah tercatat di server Polri, termasuk pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik smart SIM, baik pelanggaran tingkat berat maupun ringan, termasuk jika mengalami kecelakaan lalu lintas dan semuanya terdata secara elektronik," katanya.

Ia juga mengatakan bagi masyarakat yang ingin memiliki Smart SIM bisa mendapatkannya di Polres Muaraenim.

Untuk syarat mendapatkan Smart SIM cukup muda, sama seperti syarat membuat Surat Izin Mengemudi pada umumnya.

Hanya saja pada Smart SIM lebih simpel pada kolom identitas pemohon.

"Kalau di SIM lama kan di tulis detail data pemohon, seperti Nomor SIM, Nama, Alamat, Tanggal Lahir, Tinggi Badan, Foto, Tanda tangan, serta masa berlaku SIM," terangnya.

Tapi tambahnya bagi masyarakat yang tetap mau membuat SIM biasa masih tetap bisa dilakukan di Satlantas Muaraenim.

"Jadi pilihan itu ada di masyarakat mau SIM biasa atau Smart SIM," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved