Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lubuklinggau Mulai Beroperasi, Ini Jadwalnya

Setelah lama terbengkalai, Rumah Sakit Pratama eks Puskesmas Lubuklinggau Utara yang diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) akhirnya beroperasi.

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lubuklinggau Mulai Beroperasi, Ini Jadwalnya
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Cikwi Faris 

Laporan wartawan Tribunsumsel. Com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Setelah lama terbengkalai, Rumah Sakit Pratama eks Puskesmas Lubuklinggau Utara yang diubah menjadi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) akhirnya beroperasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Cikwi Faris mengatakan beroperasinya RSJ tersebut setelah Dinkes Lubuklinggau kedatangan dokter spesialis masalah kejiwaan.

"Alhamdulillah tadi sehabis apel pagi kita kedatangan dokter spesialis jiwa, panggilannya dokter Jun, kebetulan orang Curup," kata Cikwi pada Tribunsumsel.com, Selasa (5/11/2019).

Cikwi menjelaskan, selama ini
untuk penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sulit dilakukan di Lubuklinggau, karena terkendala tidak ada rumah sakit jiwa dan dokter yang menangani.

"Mau berobat terpaksa dibawa Palembang atau Bengkulu. Tetapi terhitung tanggal 1 November kemarin setiap hari Senin dan Selasa (dokter Jun) akan membuka Poliklinik di Rumah Sakit Petanang," ungkapnya.

Untuk itu, apabila ada masyarakat yang mengalami masalah kejiwaan silahkan untuk berkonsultasi kesana, termasuk apabila ada keterkaitan dengan masalah psikiater.

"Beliau (dokter Jun) siap untuk memeriksanya, karena beliau spesialis masalah kejiwaan dan psikiater," ujarnya.

Kemudian, untuk jumlah ODGJ di Lubuklinggau, Cikwi mengaku lupa karena datanya berada dikantor, dan yang lebih tepat mengenai masalah ODGJ ini tanyakan ke dengan Dinsos lansung.

"Masalah ODGJ ini kompleksitas baik lokal maupun nasional pasti ada persolan baik bermasyarakat dan rumah tangga. Tapi yang paling penting bisa selesai, kalau bisa berbahaya seperti kemarin ada yang gantung diri," ungkapnya. (Joy)

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved