Karhutla 2019

850 Pasukan Gabungan Ditarik Setelah Bertugas 10 Hari Padamkan Karhutla di OKI

Mereka telah melaksanakan pemadaman karhutla di 12 kecamatan tepatnya 28 desa dengan jumlah titik api sebanyak 71 titik

850 Pasukan Gabungan Ditarik Setelah Bertugas 10 Hari Padamkan Karhutla di OKI
TRIBUN SUMSEL
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah 850 personel gabungan TNI, Polri, BNPB dan Sat Pol PP kembali ditarik setelah menjalankan tugas 10 hari memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah OKI, Minggu (3/11/2019).

Menurut Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, Subsatgas I karhutla yang ditarik terdiri dari 300 personil TNI, 500 personil Polri, 30 personil BNPB dan 20 personil Sat Pol PP.

Mereka telah melaksanakan pemadaman karhutla di 12 kecamatan tepatnya 28 desa dengan jumlah titik api sebanyak 71 titik.

"Tim BKO karhutla yang telah di bentuk sebanyak 850 personil, berhasil melakukan pemadaman api tepatnya di lahan gambut seluas 250 hektare."

"Penarikan pasukan ini, karena situasi di lapangan yang tidak lagi terdapat hotspot karena pemadaman dan semalam ditimpa hujan deras," ujarnya.

Buaya di Sungai Komering OKI Belum Mau Menyambar Umpan, Padahal Berjarak 2 Meter

Lanjut Supriadi, keberhasilan pemadaman karhutla yang dilakukan tim gabungan berkat kerjasama semua tim yang berjibaku untuk memadamkan api di 71 titik.

Terlebih, hujan deras yang mengguyur OKI semalam juga membawa dampak baik.

Lahan gambut yang semula kering kembali dibahasi air hujan yang turun. Sehingga, api yang berada di lahan gambut padam.

"Sebagai bentuk syukur, setelah apel penarikan pasukan Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri langsung mengajak semua personil untuk makan bersama di lapangan apel," ujarnya.

Usai makan bersama, seluruh personil dengan diangkut menggunakan truk dan bus langsung menuju ke Palembang guna pulang ke markas masing-masing.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved