Berita OKI

Jadwal dan Tahapan Pilkades 102 Desa di OKI Tahun 2019, Hari Pencoblosan Selasa 19 November

Sebanyak 102 desa di 18 kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ilir akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Selasa (19/11/2019

Jadwal dan Tahapan Pilkades 102 Desa di OKI Tahun 2019, Hari Pencoblosan Selasa 19 November
Tribun Sumsel/ Winando Davinchi
Tahapan penyampaian visi dan misi para calon kepala desa Kuala Sungai, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI 

TRIBUNSUMSEL, KAYUAGUNG-Sebanyak 102 desa di 18 kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ilir akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Selasa (19/11/2019).

Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelembagaan Kabupaten OKI, Fauzan Nasrul saat ditemui wartawan Tribunsumsel, Jumat (1/11/2019) mengatakan, tahapan Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten OKI melewati tahapan penyampaian visi dan misi bagi balon kepala desa.

"Sejak tanggal 14 hingga 30 Oktober, PMD sudah mendatangi setiap desa yang akan melakukan Pilkades, dan menghadiri penyampaian visi dan misi," ucapnya.

Dikatakan Fauzan, kalau dalam jalannya pilkades, permasalahan yang sering muncul yaitu seputar Daftar Pemilih Tetap atau DPT.

Peresmian Kantor Polres PALI Dipercepat, Dijadwalkan Diresmikan Kapolda dan Gubernur Sumsel

"Nah kalau dalam Pilkades ini DPT-nya yang jadi kendala, kalau saat pemilihan legislatif kan dimana pemilih yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat memilih dimana pun berada,"

"Sedangkan, saat Pilkades serentak, DPT yang dapat memilih harus sudah menempati suatu Desa lebih dari 6 bulan lamanya," jelasnya.

Lebih lanjut Fauzan mengatakan, pada hari ini sudah mulai di tetapkan DPT dipanitia pemilihan di desa.

Setelah lengkap barulah akan di sampaikan di PMD kabupaten.

33 Calon Incumbent Tumbang di Pilkades Lahat 2019

"Adapun syarat bagi DPT yaitu KTP dan KK penduduk asli desa, dan apabila tidak ada dapat membuat surat keterangan (suket) menyatakan bahwa dia sudah lama tinggal desa tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk tahapan selanjutnya yaitu Kampanye, Masa tenang, dan barulah pelaksanaan pemungutan suara.

"Kampanye tanggal 11 sampai 13 November 2019, setelah itu memasuki Masa Tenang tanggal 14 sampai 18 November 2019, barulah dilaksanaan pemungutan suara pada tanggal 19 November 2019," ungkapnya.

Harapannya, Pilkades serentak yang dilakukan 102 Desa di Kabupaten OKI dapat berjalan berjalan aman dan sukses.

"Harapannya terlaksana dengan aman, damai, tertib dan selektif serta kondusif yang pastinya berjalan sukses," tutupnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved