Lewat Akhir Oktober SPJ Tak Selesai, Dana Kelurahan Termin Ke II Tak Bisa Cair

Serapan dana Kelurahan di Kota Lubuklinggau sudah 100 persen tersalurkan di 72 kelurahan dari delapan kecamatan se-Kota Lubuklinggau.

Lewat Akhir Oktober SPJ Tak Selesai, Dana Kelurahan Termin Ke II Tak Bisa Cair
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Kepala BKD Lubuklingau. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Serapan dana Kelurahan di Kota Lubuklinggau sudah 100 persen tersalurkan di 72 kelurahan dari delapan kecamatan se-Kota Lubuklinggau.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau, Imam Senen mengatakan semua kelurahan saat ini tengah melakukan pembangunan sesuai dengan programnya masing-masing.

"Untuk termin pertama semuanya sudah selesai, sekarang sedang persiapan untuk termin ke dua," ungkap Imam Senen pada Tribunsumsel.com, Kamis (31/10/2019).

Imam menjelaskan, untuk syarat pencairan termin ke dua, masing-masing kelurahan harus mengajukan surat pertanggung jawaban (SPJ) sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) masing-masing.

"Sampai saat ini kita masih menunggu, karena belum seluruhnya menyerahkan SPJ. SPJ ini ditunggu paling lambat akhir oktober ini, jika sampai lewat oktober maka untuk termin kedua tidak bisa dicairkan," ungkapnya.

Ia menuturkan, kendala dari serapan dana kelurahan tahap pertama pada penganggaran fisik. Karena hampir seluruh kelurahan diwajibkan memiliki anggaran untuk pemberdayaan masyarakat dan pekerjaan fisik.

"Untuk pekerjaan fisik sudah berjalan, dari awal kita sudah mewanti-wanti supaya dana kelurahan lebih kepada mengakomodir pembangunan yang tidak teranggarkam dalam APBD," tambahnya.

Sebagaimana diketahui untuk total besaran anggaran dana kelurahan di Kota Lubuklinggau selama satu tahun mencapai Rp 370 juta, ditambah dana pendampingan dari gubernur sebesar Rp 25 juta. (Joy)

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved