Karhutla 2019

Tak Punya Alokasi Anggaran Khusus, Bagaimana Pemkab OKI Cegah Karhutla?

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, selama ini Pemkab tidak menganggarkan secara khusus untuk penanggulangan karhutla di OKI secara menyeluruh

Tak Punya Alokasi Anggaran Khusus, Bagaimana Pemkab OKI Cegah Karhutla?
Istimewa
Ketua DPRD OKI Abdiyanto 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Lembaga legislatif dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), akan bekerjasama dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), yang setiap tahun terjadi.

Ketua DPRD OKI Abdiyanto menegaskan, penanganan Karhutla di OKI harus dilakukan sejak awal.

Terutama dalam hal pencegahan, dengan menyiapkan alokasi dari dana APBD yang ada.

"Meski anggaran APBD induk 2020 Kabupaten OKI sudah diketok. Namun, kami sedang mencari formulanya, agar tetap bisa dianggaran, sebab kalau mau menunggu anggaran perubahan jelas akan lama," tandasnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, selama ini Pemkab tidak menganggarkan secara khusus untuk penanggulangan karhutla di OKI secara menyeluruh.

Melainkan terbatas di dinas tertentu dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI, dan tidak ada dinas lainnya.

"Jadi nanti mitra dalam hal ini dinas yang ada, bisa mengalokasikan dana untuk penanganan karhutla, bukan hanya penindakan tapi pencegahannya juga kita lakukan," tuturnya.

Ditambahkan Yanto sapaan akrab Abdiyanto, pihaknya bersama jajaran eksekutif di OKI, untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat OKI untuk tidak membakar lahannya ketika hendak membuka lahan.

"Kita perlu pemikiran komprehensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam menghilangkan kebiasaan masyarakat membakar lahan," ucapnya.

Selain membuat aturan dalam hal ini Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur hal itu, nantinya juga akan ada sanksi yang tegas bagi perusahaan atau korporate yang terbukti membakar.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved