Berita Muara Enim

Lepas Rindu dengan Keluarga, Lapas Muaraenim Sediakan Layanan Video Call Bagi Warga Binaan

Lapas Kelas II B Muaraenim membuat inovasi dengan menyediakan layanan Khusus kunjungan online bagi warga binaan yang ingin bertemu dengan keluargannya

Lepas Rindu dengan Keluarga, Lapas Muaraenim Sediakan Layanan Video Call Bagi Warga Binaan
Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Tampak beberapa warga binaan sedang melakukan video call di layanan kunjungan online yang disediakan oleh pihak Lapas Kelas II B Muaraenim, Rabu (16/10/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Lapas Kelas II B Muaraenim membuat inovasi dengan menyediakan layanan Khusus kunjungan online bagi warga binaan yang ingin ngobrol dengan keluargannya, Rabu, (16/10/2019)

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lapas Kelas II B Muaraenim, Hidayat kepada Tribunsumsel.com saat dikunjungi disela-sela kesibukannya.

"Layanan kunjungan online ini adalah inovasi yang kita buat, jadi caranya warga binaan maupun keluarga yang belum sempat berkunjung ke Lapas Kelas II B Muaraenin untuk membesuk masih tetap bisa bertemu untuk saling melepas rindu melalui layanan kunjungan online ini melalui Video Call di tempat khusus yang telah kita sediakan," tuturnya.

Heboh Penemuan Mayat Wanita Dalam Karung di Pekalongan, Mayat Pakai Kaus SDN 02 Depok Siwalan

Dijelaskan Hidayat, di Layanan Khusus Kunjungan Online ini disediakan oleh pihaknya secara gratis.

"Jadi di tempat khusus itu kita sediakan dua unit komputer yang dilengkapi dengan webcam dan sambungan internet di dua bilik, serta dengan diawasi oleh petugas kita, para warga binaan ini bisa melakukan video call kenomor keluarga yang dituju, dan ini kita berikan secara gratis dengan layanan wifi yang ada di lapas ini," katanya.

Hidayat juga mengatakan layanan khusus kunjungan online ini dibuka setiap hari dari Senin-Sabtu.

"Setiap hari selalu ramai yang menggunakan layanan ini secara bergantian, setiap warga binaan kita berikan waktu sekitar 15 menit untuk melakukan video call dengan nomor yang telah tercatat di kita serta diawasi petugas kita,"

"Dari senin-sabtu mulai dari pukul 08.00-15.00 Wib seperti kunjungan biasanya, untuk minggu tidak ada kunjungan online," katanya.

Wawancara Eksklusif AW Noviadi, Pernah Dipecat Sekarang Daftar Calon Bupati Ogan Ilir

Ia juga mengharapkan dengan adanya layanan ini para warga binaan ini dapat lebih tenang, sabar dan nyaman menjalani kehidupan di lapas Muaraenim.

"Karena interaksi dan komunikasi dengan pihak keluarga tidak terputus, kapanpun mereka ingin menghubungi pihak keluarga bisa dilakukan melalui layanan ini, " harapnya.

Sulaiman (27 tahun), salah satu warga binaan yang tersandung kasus pembunuhan mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan kunjungan online tersebut.

"Tentu saja kami senang dan sangat terbantu dengan adanya layanan kunjungan online ini, kapanpun mau menghubungi keluarga untuk melepas rindu kami tinggal datang ke bilik ini, pihak keluarga kamipun bisa tahu bagaimana keadaan kami disini," katanya.

Dosen Unitas Palembang Nurul Fitriyah Lolos Seleksi Program Bridging Kemenristekdikti ke Irlandia

Ia juga mengatakan dengan adanya layanan kunjungan online ini ia bisa bertemu dan berkomunikasi dengan pihak keluarga meskipun ada di kejauhan.

"Karena terkadang kalau mau datang kesini terus untuk membesuk keluarga kadang keterbatasan dengan biaya transport, tapi dengan adanya layanan ini, meskipun berjauhan rasanya kami begitu dekat, sehingga sayapun bisa lebih tenang disini," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved