Dandim Ibukota Provinsi Naik Jadi Kolonel Bukan Letkol Lagi, Termasuk Dandim Palembang

Berdasarkan surat perintah Mabes TNI, seluruh Komandan Kodim yang ada di wilayah ibukota provinsi dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari

Dandim Ibukota Provinsi Naik Jadi Kolonel Bukan Letkol Lagi, Termasuk Dandim Palembang
M ARDIANSYAH/TRIBUNSUMSEL.COM
Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan didampingi Kasi Metak Pendam II Sriwijaya Mayor CAJ Herry saat jumpa pers di Makodam II Sriwijaya. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Berdasarkan surat perintah Mabes TNI, seluruh Komandan Kodim yang ada di wilayah ibukota provinsi dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Biasanya, Dandim yang berada di wilayah ibukota berpangkat Letnan Kolonel. Namun, dengan adanya surat perintah dari Mabes TNI pangkat dari Dandim naik menjadi Kolonel.

"Sudah berlaku, jadi Dandim yang ada di ibukota provinsi naik menjadi Kolonel. Kalau untuk di wilayah Kodam II Sriwijaya, ada lima Dandim yang pangkatnya naik jadi Kolonel. Lima Dandim yakni, Dandim Palembang, Dandim Pangkal Pinang, Jambi, Lampung dan Bengkulu," ujar Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan, Rabu (2/10/2019).

Menurut Djohan, Kodim yang dipimpin Kolonel sebagai penyesuaian yang dilakukan karena Kodim berada di ibukota provinsi.

Dengan penyesuaian yang dilakukan, sehingga tanggung jawab dan pengambilan keputusan di wilayahnya dapat dilaksanakan dengan cepat.

Namun, dengan kenaikan pangkat Dandim di ibukota provinsi bukan berarti kodim tersebut naik tipe dari sebelumnya.

Tipe kodim yang berada di ibukota provinsi tetap sama seperti sebelumnya.

"Bukan juga jadi Kodim Berdiri Sendiri. Para Dandim yang ada di ibukota, tetap berada di bawah Korem dan bukan berada di bawah Kodam. Hanya untuk penyesuaian pangkat karena kodim itu berada di ibukota provinsi," jelasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved