Siapa dan Bagaimana Karakter Kids Zaman Now? Ini Kata Guru Besar Universitas Padjajaran

Di antara sekian banyak karakteristik Kids Zaman Now adalah narsis akut juga mudah berpaling atau gampang pindah ke lain hati

Siapa dan Bagaimana Karakter Kids Zaman Now? Ini Kata Guru Besar Universitas Padjajaran
Tribun Sumsel/ Vanda Rosetiati
SERAHKAN CENDERAMATA - Wakil Rektor I UIN RF, Dr H Ismail Sukardi MAg (dua kanan) menyerahkan cenderamata kepada Prof Dr Dadang Suganda MHum, salah satu pembicara pada Diskusi bertemakan Merawat Bangsa dan Identitas Kebudayaan yang diadakan Lembaga Kajian dan Pusat Studi Komunikasi Fisip UIN RF, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Di antara sekian banyak karakteristik Kids Zaman Now adalah narsis akut juga mudah berpaling atau gampang pindah ke lain hati.

Kecenderungan gampang pindahke lain hati ini tidak hanya dalam arti sempit berkaitan hubungan pertemanan atau mencari pasangan melainkan di dalam banyak aspek kehidupan.

"Mereka Kidz Zaman Now ini karakternya memang gampang bosan dan tidak setia. Mereka dengan mudahnya gonta-ganti merek dan tidak terlalu setia di satu merek tertentu, untuk memilih pakaian saja contohnya," kata Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran Bandung, Prof Dr Dadang Suganda MHum.

Dadang hadir di Palembang sebagai pembicara pada Diskusi bertemakan Merawat Bangsa dan Identitas Kebudayaan yang diadakan Lembaga Kajian dan Pusat Studi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Kamis (12/9/2019).

Dadang dalam materinya membahas tentang orientasi budaya kids zaman now.

Ia menuturkan Kids Zaman Now adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan dua generasi yakni Generai Y atau Generasi Millenial dan Generasi Z atau i-Generation.

Generasi Millenial masih kata Dadang adalah mereka yang saat ini berada di rentang usia 23 sampai 37 tahun dan jumlahnya sekitar 1,8 miliar di seluruh dunia.

Untuk di Indonesia populasi Gen Millenial ini mencapai 60 persen dari populasi penduduk.

Sedangkan i-Generation adalah mereka yang lahir kurun waktu 1995-2010 atau rentang usia 10 sampai 20 tahun.

Selain narsis akut ada, di antara karakter lainnya adalah mereka Generasi Millenial ini tidak pernah lepas dari gawai, hedon dan pemalas.

Halaman
12
Penulis: Vanda Rosetiati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved