Karhutla 2019

Kebakaran Terjadi di Lahan Gambut Sanga Desa Muba, 2 Hari Hanguskan Lahan 30 Hektare

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghanguskan 30 hektare lahan di SP3 Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin

Kebakaran Terjadi di Lahan Gambut Sanga Desa Muba, 2 Hari Hanguskan Lahan 30 Hektare
Sripo/ Fajeri
Petugas gabungan berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghanguskan 30 hektare lahan di SP3 Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (9/8/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghanguskan 30 hektare lahan di SP3 Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin.

Kawasan rawan banjir tahunan ini kali ini mendapat cobaan kekabakaran lahan.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Polri, TNI, perusahaan, dan masyarakat sekitar terus berjibaku, Jumat (9/8/19) memadamkan sisa api yang tersisa.

Kepala BPBD Muba Indita Purnama, mengatakan saat ini pihaknya melalui tim reaksi cepat penaggulangan karhutla yakni tik darat terus berjbaku memadamkan api.

Hanya Punya 2 Mobil Pemadam Kebakaran, Bagaimana Pemkab Muratara Mengatasi Kebakaran Lahan?

"Selama 2 hari ini total sementara lahan yang terbakar sebanyak kurang lebih 30 hektar lebih. Pihaknya saat ini masuh terua melakukan pemadaman api yang tersisa,"kata Indita, di SP 3 Kecamatan Sanga Desa, Jumat (9/8/19).

Lanjutnya, dalam pemadaman karhutla di SP3 pihaknya dibantu 2 unit helikopter Water Bombing dari BNPB.

"Kita dibantu 2 heli Water Bombing. Upaya pemadaman terus kita lakukan agar api tidak terus meluas,"ungkapnya.

Sementara, Camat Sanga Desa, Suganda AP MSi, menyebutkan kondisi lahan yang terbakar merupakan hamparan lahan gambut yang kedalamannya mencapai 25 sampai 30 centimer.

Tim yang melakukan pemadaman sulit memadamkan api karena sumber air yang mulai mengering, namun beruntung ada banyuan helikopter Water Bombing.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, masyarakat sekitar yang rumahnya dekat lokasi mulai mengevakuasi barang tapi mereka tetap disana membantu pemadaman api."

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved