Dana Desa di Muba Anggarkan Pengadaan Alat Buka Lahan Tanpa Bakar

Bupati Muba Dodi Reza secara resmi melaunching program menggratiskan alat untuk membuka lahan tanpa bakar kepada petani di Kabupaten Muba

Dana Desa di Muba Anggarkan Pengadaan Alat Buka Lahan Tanpa Bakar
Sripo/ Fajeri
Bupati Muba H Dodi Reza Alex bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka Peda KTNA Ke-13 di Gelanggang Remajq Sekayu, Senin (24/6/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU-Bupati Muba Dodi Reza secara resmi melaunching program menggratiskan alat untuk membuka lahan tanpa bakar kepada petani di Kabupaten Muba.

Menurutnya bantuan alat buka lahan tanpa bakar ini bersumber dari anggaran dana desa.

Launching program ini dilakukan saat opening ceremony Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-13 yang diikuti 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Acara yang berlangsung di Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini diawali dengan parade defile peserta.

Bupati OKU: Kontingen KTNA Harus Unjuk Prestasi

Tampak terlihat ribuan peserta Peda KTNA ini tampak antusias mengikuti jalannya rangkaian Peda KTNA yang kali ini memang dipusatkan di bumi Serasan Sekate.

Tak hanya dimeriahkan oleh peserta, tampak hadir pejabat pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Pertanian RI yang diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Fadjry Djufry MSi.

"Sebentar lagi kita akan dihadapkan pada musim kemarau, jadi ke depan tidak ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar dengan program bantuan alat buka lahan tanpa bakar ini di Muba akan meminimalisir terjadinya karhutlah," ujarnya di sela pembukaan Peda KTNA ke-13.

Menurutnya, bantuan alat buka lahan tanpa bakar ini bersumber dari anggaran dana desa.

Pungli di Jalan Macet Lintas tengah Muara Enim, Belasan Pria Ini Diamankan Polsek Tanjung Agung

"Jadi, semua Kepala Desa diwajibkan untuk menganggarkan dana desa yang dialokasikan untuk pembelian alat buka lahan tanpa bakar," ungkapnya.

Lanjutnya, adapun alat buka lahan tanpa bakar yang diberikan yakni diantaranya Mis Blower/spayer, KCP Solo/Spayer, Scincawi, mesin rumput, racun tunggul garlon.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved