Berita Palembang

Hari Pertama UASBN SD, Kadisdik Palembang Minta Guru Jangan Bermain dengan Ujian

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Hari, Senin (22/4/2019), berlangsung pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk tingkat SD

Hari Pertama UASBN SD, Kadisdik Palembang Minta Guru Jangan Bermain dengan Ujian
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Seorang siswa kelas VI di SDN 160 Palembang sedang mengerjakan soal UASBN, Senin (22/4/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Hari, Senin (22/4/2019), berlangsung pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

UASBN SD berbarengan dengan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) untuk tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang Ahmad Zulinto mengunjungi SMP Negeri 19 dan SMP Negeri 9 Palembang.

Zulinto bersama timnya juga melakukan kunjungan dadakan ke SD Negeri 160 Palembang yang beralamat di Jalan Torpedo, Sekip Ujung.

Suara Caleg DPR RI : 3 Nama Ini Berpeluang Tambah Kursi PKB dari Dapil Sumsel 1

Zulinto mengatakan, setelah melihat suasana UASBN di SDN 160 Palembang bahwa untuk soal UASBN tingkat SD ini dibuat oleh tim pembuat soal UASBN dari Dinas Pendidikan Kota Palembang.

"Tahun ini untuk soal UASBN tingkat SD 100 persen dibuat oleh tim dari Dinas Pendidikan Kota Palembang, kalau SMP 75 persen dari Disdik provinsi, 25 persen dari Disdik Palembang," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada guru-guru untuk serius melaksanakan UASBN ini.

"Jadikan UASBN ini sebagai alat ukur indikator penguasaan kognitif anak-anak kita, yang diuji adalah kompetisi,"

"Guru-guru juga jangan sampai bermain dengan pelaksanaan ujian ini. Biarkan anak berusaha sendiri dan menjadi mandiri," katanya.

Sementara itu, Kepala SDN 160 Palembang Siti Zaleha mengatakan pelaksanaan UASBN tingkat SD ini dilaksanakan swlama 3 hari mulai dari Senin (22/4/2019) hingga Rabu (24/4/2019).

BREAKING NEWS, Dua Petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) Banyuasin Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Hari pertama mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia setelah itu Matematika dan hari terakhir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Sebelum pelaksanaan UASBN kami juga memberikan pelajaran tambahan untuk siswa kemudian ada les juga, dan kami juga sudah melakukan 2 kali try out sebelum pelaksanaan UASBN. Jumlah peserta ujian 182 orang, "ujarnya.

Zaleha juga mengatakan selama pelaksanaan UASBN tingkat SD di SDN 160 Palembang ini memakai 10 ruangan, 1 ruangannya terdiri dari 10-20 siswa.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved