Aa Gym Cawagub Populer Jawa Barat

survei LSiD menempatkan KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym sebagai calon wakil gubernur yang paling banyak dipilih

Aa Gym Cawagub Populer Jawa Barat
TRIBUNSUMSEL.COM/WAWAN PERDANA
Abdullah Gymastiar (Aa Gym) usai memberikan ceramah di Masjid As'adah, Mapolda Sumsel, Jumat (7/11/2014). 

BANDUNG, TRIBUNSUMSEL.COM  - Hasil survei Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSiD) menempatkan KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym sebagai calon wakil gubernur yang paling banyak dipilih oleh responden untuk mendampingi M Ridwan Kamil (Emil) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

"Kami melakukan survei untuk calon wakil gubernur Jawa Barat. Responden kami berikan pertanyaan manakah yang paling pantas sebagai cawagub untuk mendampingi Ridwan Kamil atau Kang Emil dan nama Aa Gym menempati urutan pertama yakni sebesar 22,5 persen," kata Peneliti elSiD Dedi Barnadi, di Bandung, Kamis.

Survei menggunakan metode sampel acak berstrata yang meliputi 630 responden dengan tingkat margin kesalahan kurang lebih 4,3 persen itu menunjukkan bahwa setelah Aa Gym, calon pendamping Emil yang populer selanjutnya adalah Uu Ruzhanul Ulum (19,8 persen) disusul Daniel Muttaqien (12,3 persen), Maman Imanul Haq (10,4 persen) dan Syaiful Huda (9,7 persen).

"Dalam survei ini, responden kami tanya, manakah latar belakang cawagub yang cocok untuk mendampingi Ridwan Kamil, hasilnya urutan pertama ditempati oleh tokoh agama sebesar 20,5 persen, kedua birokrasi 20,2 persen dan ketiga kalangan pengusaha 16,7 persen," kata dia.

Sementara elektabilitas Emil di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, menurut survei eLSiD, sekitar 28,5 persen.

"Persepsi publik selama ini kami melihatnya Emil pasti menang di Pilgub Jabar 2018, namun itu belum tentu demikian karena elektabilitas masih di bawah 50 persen sehingga masih bisa disalip oleh yang lainnya," kata Dedi.
Sementara dalam hal popularitas calon, menurut survei itu, Deddy Mizwar menempati posisi pertama disusul Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Editor: Erwanto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved