Tamu Tribun

Konsulat Jendral AS bersama LJMI Gelar Pelatihan Jurnalis di SMA 3 Palembang

Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Sumatera bekerja sama dengan Lingkar Jurnalis Muda Indonesia (LJMI)

Konsulat Jendral AS bersama LJMI Gelar Pelatihan Jurnalis di SMA 3 Palembang
Tribunnews.com/Muhamad Edward

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Konsulat Jenderal  Amerika Serikat untuk Sumatera bekerja sama dengan Lingkar Jurnalis Muda Indonesia (LJMI) menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk "Journalism for Beginners" di SMA Negeri 3 Palembang, Sabtu (17/2/2017).

Lewat kegiatan ini, para pelajar akan dikenalkan dengan dunia jurnalistik yang terus berkembang, seiring kemajuan teknologi dan juga termasuk cara memverifikasi informasi apakah berita yang akan diangkat benar atau hoax.

"Nanti para siswa akan diberikan prinsip-prinsip dasar jurnalistik seperti independensi, kewajiban verifikasi para jurnalis pada setiap fakta yang diperoleh.  Kami juga melihat semakin banyak informasi yang beredar di media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga pemahaman tentang jurnalistik sangat diperlukan agar mereka dapat menyaring informasi-informasi tersebut" ujar Infromation Assistant Keduataan Besar Amerika Serikat (AS), Kresna S Soegio ketika berkunjung ke Graha Tribun, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara bersama -Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera Juha P Salin.

Lanjutnya, Kegiatan ini dirancanakan akan digelar selama dua hari 18-19 Februari 2017. Di hari pertama para siswa akan diberikan teori jurnalisme, diskusi, dan sesi tanya jawab yang akan disampaikan Pemimpin Redaksi Tribunsumsel Hj Wenu Ramdiastui, perwakilan LJMI, dan  Konsulat Jendral Amerika Serikat AS untuk Sumatera, Juha P Salin. Sedangkan di  hari kedua para siswa akan turutn ke lapangan, menerapkan apa yang telah mereka dapatkan dari hasil mendengarkan teori dan diskusi mengani jurnalisme.

"Lewat Menjadi upaya mendekatkan generasi muda dengan berbagai informasi yang sesuai kaidah jurnalistik. Para siswa juga akan diajak terjun ke lapangan untuk mencari informasi dan mewawancarai secara langsung narasumber".

Palembang terpilih bersama tiga kota lain di Sumatera yaitu, Lampung, Padang, dan Medan untuk menggelar kegiatan serupa. Menurut Teguh hal tersebut lantaran, berdasarkan survey angka melek internet, Sumatera menempati posisi kedua setelah Jawa, sehingga memberikan pemahaman seputar jurnalisme kepada kepada siswa di Palembang menurutnya sangat penting.

Dalam kesempatan yang sama,  Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Sumatera menyebut kegiatanini digagas untuk memberikan pemahaman yang lengkap tentang jurnalistik kepada para siswa. Karena semakin berkembangnya teknologi, keakuratan informasi yang diperoleh warga semakin bias.

“Kami melihat semakin banyak informasi yang beredar di media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga pemahaman tentang jurnalistik sangat diperlukan agar mereka dapat menyaring informasi-informasi tersebut, saya sendiri nantinya akan banyak berbicara mengenai demokrasi dan isu yang berkembang saat ini di Indonesia dan dunia” katanya.

Juha P Salin yang juga akan menjadi pembicara, akan menyampaikan mengenai demokrasi dan isu yang saat ini sedang berkembang baik di Indonesia dan dunia.

Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved