Buah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Penuh Makna dan Pelajaran untuk Umatnya

Bulan Rajab adalah bulan dimana Nabi Muhammad S.A.W melakukan perjalanan Isra’ dan Miraj, yakni dari masjidil haram ke Aqsa dan menuju Tuhannya

Buah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Penuh Makna dan Pelajaran untuk Umatnya
banjarmasin post
Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Oleh: H Abdul Haris Lc
Penyuluh Agama Islam pada Kementerian Agama Kabupaten Lahat

H Abdul Haris Lc
H Abdul Haris Lc (ISTIMEWA)

BULAN ini adalah bulan Rajab, bulan yang tidak asing bagi kita selaku umat muslim.

Bulan Rajab adalah bulan dimana Nabi Muhammad S.A.W melakukan perjalanan Isra’ dan Miraj. Isra’ adalah perjalanan seorang Hamba Allah di malam hari dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha.

Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan seorang Hamba Allah menghadap kehadirat Tuhannya atau yang dikenal dengan “menuju sidratul muntaha”.

Konsep Isra’ terdapat di dalam Surat Al-Isra’ ayat 1

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha selain berarti syariat juga mempunyai arti hakikat, Masjidil Haram berarti tempat ketundukan yang mulia yaitu kalbu yang bersih (qalbun salim).

Sedangkan Masjidil Aqsha adalah tempat ketundukan tertinggi yang dilambangkan dengan langit ketujuh yaitu “maqom Ibrahim”. Maqom Ibrahim artinya kedudukan Ibrahim yaitu sebagai Imam seluruh umat manusia,

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya.

Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim". (Q.S Al-Baqarah:124)

Halaman
1234
Penulis: Lisma
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved