Karhutlah

Panglima TNI Perintahkan Tarik 200 Prajurit Kostrad Bertugas di Pemadaman Kebakaran Lahan Sumsel

Upacara pelepasan Satgas Karhutla Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad perkuatan Mabes TNI dilaksanakan di Bandara SMB II Palembang

Panglima TNI Perintahkan Tarik 200 Prajurit Kostrad Bertugas di Pemadaman Kebakaran Lahan Sumsel
tniad.mil.id
Bantuan personel pengamanan sebanyak 200 prajurit dari Brigade Infanteri 6 (Brigif 6) Kostrad, yang tiba di Bandara SMB II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (31/7/2018) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Sebanyak 200 personel TNI AD perkuatan Mabes TNI dari jajaran Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad yang tergabung dalam Satgas Karhutla yang bertugas di wilayah Sumsel resmi ditarik kembali ke Jakarta.

Penarikan Satgas ini, berdasarkan ST Pangdam II/Swj NO B/1855/IX/2018 tanggal 6 September 2018, tentang Pengembalian Satgas Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad BKO Korem 044/Gapo Kodam II Sriwijaya dalam rangka Opetasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumsel.

Upacara pelepasan Satgas Karhutla Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad perkuatan Mabes TNI dilaksanakan di Bandara SMB II Palembang dipimpin langsung Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Rabu (12/9).

Baca: Hasil Japan Open 2018-Kevin Sanjaya/Marcus Gideon ke Perempat Final Usai Singkirkan Rekan Senegara

Baca: Jadwal Formula 1 Seri ke-15 Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Singapura, Persaingan Hamilton dan Vettel

Selama kurang lebih dua bulan Satgas Karhutla Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad telah berjibaku dan bersinergi dengan Sub Satgas Darat Kodam II Sriwijaya dan instansi terkait melakukan pemadaman ratusan titik api Karhutbunla di wilayah Sumsel.

Sebanyak 200 personel TNI AD dari Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad tersebut, akan dipulangkan ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan menyampaikan penghargaan yang tinggi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Satgas perkuatan Mabes TNI atas segala upaya dan kerja kerasnya selama ini dalam membantu penanganan Karhutla di wilayah Sumsel.

Baca: Anak Usia 6-12 Tahun di Lubuklinggau Ikuti Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

Baca: Buruan Daftar Mom & Kids Day Out Family Camping Fun: Ada Diskon dan Banjir Hadiah Menarik

"Penarikan pasukan ini, berdasarkan perintah Panglima TNI sehubungan dengan telah berakhirnya pelaksanaan Operasi Bantuan TNI kepada BNPB dalam rangka pemadaman hutan dan lahan di wilayah Sumsel, mengingat kabut asap dan titik api sudah semakin menurun," ujar Pangdam.

Selain memadamkan api dan berhasil menangkap beberapa oknum masyarakat yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, Satgas juga memberikan pengertian dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara liar karena dampaknya akan sangat merugikan bukan hanya bagi masyarakat sekitar tetapi juga seluruh masyarakat Sumsel.

"Kontribusi yang dilakukan para prajurit Kostrad ini sungguh sangat luar biasa bagi bangsa dan negara. Berkat andil dan kerja keras kalian pelaksanaan Asian Games yang dilaksanakan di Kota Palembang dapat berjalan dengan aman, sukses dan lancar tanpa adanya gangguan asap, sehingga hal ini menimbulkan kesan positif, tidak hanya bagi kota Palembang tetapi juga bagi Bangsa dan Negara Indonesia," ungkap Pangdam.

Baca: Perjalanan Palembang-Prabumulih Bisa Pakai Kereta Api Prabu Jaya, Mulai Beroperasi 17 September 2018

Dalam kesempatan ini juga, Pangdam memberikan penghargaan secara simbolis sebagai bentuk penghormatan dan terima kasih kepada Satuan Brigif Mekanis Raider 6/2/Kostrad yang telah menjalankan tugasnya membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved