Berita Lahat

PDAM Tirta Lematang Lahat Tetap Prima saat Kemarau, Bahkan Mampu Layani Tambahan 9 Ribu Pelanggan

PDAM sudah mampu menyuplai 7.560 kubik air per hari kepada 4.100 pelanggan yang ada di Kota Lahat. Siap layani pelanggan baru

PDAM Tirta Lematang Lahat Tetap Prima saat Kemarau, Bahkan Mampu Layani Tambahan 9 Ribu Pelanggan
Sripo/ Ehdi Amin
Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat, Hermidi, SH 

TRIBUNSUMSEl.COM, LAHAT - Kemarau yang melanda Kota Lahat beberapa bulan terakhir tidak menganggu suplai air bersih kepelanggan PDAM Tirta Lematang, Lahat.

Hal tersebut seperti diungkapkan Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat, Hermidi, SH saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (28/8).

Diterangkan Hermidi, saat ini PDAM sudah mampu menyuplai 7.560 kubik air per hari kepada 4.100 pelanggan yang ada di Kota Lahat.

Baca: Spesialis Pencurian Mobil dan Pembobol ATM di Palembang dan Lahat Ditembak Jatanras Polda Sumsel

Dengan demikian, semua pelanggan bisa terpenuhi dan dikatakanya tidak ada kendala dalam suplai tersebut kendati beberapa bulan terakhir Lahat diterpa kemarau.

"Saat ini kita sudah mampu memproduksi air atau suplai ke pelanggan 20 jam perhari. Secara kuantitas ketersedian air kita mampu melebihi kapasitas jumlah pelanggan. Bahkan, jika ada penambahan sambungan baru sekitar 9 ribu masih bisa dialiri,"terangnya.

Baca: Isak Tangis Kepulangan Jamaah Haji, Diterpa Badai saat di Mekkah, Bersyukur Pulang Selamat

Hanya saja, keluhan datang dari warga bukan pelanggan yang selama ini mengandalkan air sumur untuk beraktifitas memenuhi kebutuhan masak cuci kakus (MCK). Untuk melayani hal tersebut, PDAM sendiri menyediaoan air tangki.

Terkait adanya keluhan warga yang kesulitan air dampak kemarau, Hermidi tak menapik hal tersebut. Hanya saja, ujarnya warga tersebut bukan pelanggan PDAM Lahat.

Baca: Sejumlah Insiden Warnai Final Indonesia vs Malaysia, Protes Pemain Sampai Ngototnya Pelatih Malaysia

Sehingga secara kewenangan pihaknya tak bisa berbuat apa apa.
PDAM ditegaskanya hanya bisa menyiapkan mobil tangki penyedia air bersih.

Pihaknya siap menyuplai air tangki tersebut jika ada permintaan.
Sejauh ini, PDAM sendiri sudah menyuplai beberapa tempat seperti Lapas Klas II A Lahat, masjid Al muttaqin dan beberapa tempat lainya.

Baca: Jonatan Christie Berikan Jersey Untuk Charity Bagi Korban Gempa di Lombok

"Sejauh ini yang kami terima warga yang mengeluh warga yang tak berlangganan. Kami siap menyuplai air tangki jika ada yang memesan. Satu tangkinya hanya Rp 150 ribu, "ujarnya.

Disampaikan Hermidi, wilayah yang belum terserap layanan PDAM sendiri seperti Desa Muara Siban, Tanjung Payang, Kelurahan Pagar Agung, Skip, perumahan yang baru bangun dan beberapa titik lainya.

Selain faktor, belum ada jaringan ada juga warga yang enggan memasang PDAM dan hanya mengandalkan sumur.

Baca: Miliki Pil Ekstasi Bentuk Keropi, Pemuda Sering Traksaksi di Rumah Makan Ini Ditangkap Polisi

"Ya tentu jika ada anggaran kita ingin membangun jaringan pipanisasi sehingga wilayah yang belum berlangganan bisa segera menikmatinya, "harapnya. (SP/Ehdi Amin)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved