Berita Baturaja

Jembatan Tanjung Kemala Mulai Dibangun, Waktu Tempuh ke Palembang Semakin Singkat

Jembatan ini juga dibangun untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke Palembang

Jembatan Tanjung Kemala Mulai Dibangun, Waktu Tempuh ke Palembang Semakin Singkat
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Kuryana Azis meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Jembatan di Desa Tanjung Kemala, Senin (13/8). 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Kuryana Azis meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Jembatan di Desa Tanjung Kemala, Senin (13/8/2018).

"Peletakan batu pertama ini sebagai tanda resmi dimulainya pembangunan ground Breaking atau bawah (pondasi red) jembatan," Kata Kepala Dinas PU PR Ir Hilman saat menyampaikan laporan teknisnya dihadapan Bupati OKU dan tamu undangan lainnya.

Disebutkan Hilman Jembatan sepanjang 140 meter ini menjadi penghubung antar Desa Tanjung Kemala dan Kelurahan Sekarjaya Kec. Baturaja Timur. Jembatan ini akan menjadi akses altetnatif bagi masyarakat OKU yang akan menuju arah Kec. Peninjauan, Kota Prabumulih dan Palembang.

Baca: Ribuan Warga Prabumulih Rela Berpanas Tonton Lomba Gerak Jalan, Ada yang Sampai Bolos Kerja

"Jembatan ini dibangun dalam rangka pengembangan kota. Jembatan ini juga dibangun untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke palembang, sehingga masyarakat yang berada diseberang tidak lagi jalan memutar," katanya.

Hilman, menjelaskan pembangunan jembatan ini akan dilakukan dua tahap. Pertama tahun ini, pembangunan bawah jembatan meliputi pondasi dan tiang pilar jembatan serta pembukaan lahan jalan sepanjang 1,6 KM. Sedangkan tahap dua yakni pembangunan bentang badan jembatan akan dilakukan pada tahun depan.

Baca: Malam-malam Warga Unjuk Rasa ke Kantor PLN Karena Listrik Sering Padam dan Rawan Pencurian

"Pagu biaya Pembangunan tahap pertama sebesar belasan milyar rupiah, yang diperuntukan untuk membanguna bawah jembatan serta pembukaan lahan jalan 1,6 KM, 200 meter di didesa tanjung kemala dan 1,4 KM di arah kelurahan Sekarjaya," katanya.

Hilman Berharap Masyarakat OKU Khusunya masyarakat Desa Tanjung kemala dapat mendukung kesuksesan pembangunan jembatan ini.
"Pembangunan tahap pertama ini akan diselesaikan dalam 165 hari, semoga ini bisa selesai tepat waktu," ungkapnya.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengatakan, jembatan ini memang sudah lama diinginkan masyarakat, namun baru saat ini bisa di bangun.
"Memang sudah lama tapi sempat terkendala oleh dana, sebab membangun jembatan ini butuh biaya yang besar," katanya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved