Berita Prabumulih

KPUD Prabumulih Bersama KPU Himbau Bakal Caleg Siapkan Berkas, Pendaftaran Caleg Buka 4-17 Juli

Masyarakat kota Prabumulih yang berkeinginan ikut dalam pencalonan legislatif pada 2019, hendaknya segera menyiapkan

KPUD Prabumulih Bersama KPU Himbau Bakal Caleg Siapkan Berkas, Pendaftaran Caleg Buka 4-17 Juli
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Gedung KPUD Prabumulih. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Masyarakat kota Prabumulih yang berkeinginan ikut dalam pencalonan legislatif pada 2019,

hendaknya segera menyiapkan dan mengajukan berkas ke partai politik yang akan menjadi perahu pencalonan.

Penyebabnya, KPUD Prabumulih bersama KPU seluruh Indonesia mulai 4 Juli hingga 17 Juli membuka pengajuan bakal calon anggota DPRD Prabumulih pada pemilu 2019 mendatang.

Pengajuan bakal calon legislatif yang diajukan partai politik tersebut berikut data harus diunggah ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang telah disediakan KPU.

Dalam pengajuan itu sendiri harus 30 persen ada keterwakilan calon perempuan.

"Jadi untuk pendaftaran sendiri mulai tanggal 4 sampai 16 juli itu kita terima dari pukul 08.00-16.00 dan hari terakhir tanggal 17 buka sampai pukul 24.00," ungkap Ketua KPUD Prabumulih, M Takhyul SIP melalui Komisioner Devisi Teknis, Wawan Irawan ketika dibincangi wartawan, Minggu (1/7/2018).

Menurut Wawan, selain itu ada sejumlah point penting dalam pengumuman yang menjadi persyaratan bagi bakal calon anggota legislatif diantaranya berumur 21 tahun sejak penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggal dan bisa bahas indonesia.

"Tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih, bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak atau korupsi, serta persyaratan lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut Wawan menuturkan, selain data bakal calon legislatif diunggah ke Silon juga berkas dibuat dalam satu rangkap dimasukkan di dalam map dengan nama partai masing-masing.

"Untuk dokumen formulir pengajuan bakal calon dan bakal calon bisa diunduh atau di download di aplikasi Silon. Untuk keterangan lebih jelas, para bakal calon atau partai bisa mendatangi sekretariat KPUD Prabumulih langsung," tuturnya.

Untuk diketahui pada pileg 2019 mendatang jumlah kursi di DPRD Kota Prabumulih masih tetap 25 kursi dan tidak ada tambahan mengingat jumlah penduduk kota Prabumulih yang bisa memilih masih dibawah 200 jiwa.

Sementara untuk jumlah daerah pemilihan, pada Pileg 2019 mendatang ada perubahan formasi dari sebelumya.

Formasi dapil tersebut yakni dapil 1 menjadi Kecamatan Prabumulih Barat, Rambang Kapak Tengah (RKT) dan Kecamatan Selatan dengan jumlah kursi 9. Dapil 2 Kecamatan Prabumulih Utara dan Cambai dengan jumlah 7 kursi dan dapil 3 hanya Kecamatan Prabumulih Timur dengan 9 kursi.

Baca:

HDMY dan Harnojoyo-Finda MenangTelak di Kecamatan SU I Palembang

Untuk Hilangkan Stres, Komedian Reza Bukan Ternyata Pakai Narkoba Sejak 2014

Kedapatan Memakai Sabu, Komedian Reza Bukan Diciduk Polisi

Penulis: Edison
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved