Tiga Tahun Vakum, Begini Keseruan Pensi di SMA Patra Mandiri I

Di sini tengah digelar pentas seni (Pensi) yang di tahun 2018 kembali digelar setelah sekitar tiga tahun vakum.

Tiga Tahun Vakum, Begini Keseruan Pensi di SMA Patra Mandiri I
ISTIMEWA
Gelaran pentas seni (Pensi) di SMA Patra Mandiri I seru, ada stan jualan dan Band Competition antar SMA. 

TRIBUN SUMSEL.COM, PALEMBANG -- "KAFE Peso Bakso XI IPA 3", begitulah salah satu tulisan yang mewarnai area stan di halaman SMA Patra Mandiri I Plaju, Sabtu (27/1) dan Minggu (28/1).

Dua hari itu SMA yang berlokasi di kompleks Pertamina Plaju ini begitu ramai dan riuh. Di sini tengah digelar pentas seni (Pensi) yang di tahun 2018 kembali digelar setelah sekitar tiga tahun vakum.

Kegiatan mengundang sekolah SMP dan SMA se Palembang untuk mengikuti tangkai perlombaan, selain juga diisi oleh siswa Patra Mandiri dengan berjualan, menggali jiwa entrepreneurship.

Stan diisi dengan penganan dan benda lain yang dijual baik oleh sponsor kegiatan maupun siswa SMA. "Ayo kak, bu mampir-mampir," ujar Putri, siswi kelas X IPS 1 yang menawarkan pempek panggang.

Setiap kelas memang diwajibkan membuat kreasi lalu dijual kepada pelanggan. Siapa yang paling banyak mendapat keuntungan mereka yang juara. "Kami pilih jualan pempek panggang saja, karena khas Palembang dan pasti enak," kata Putri lagi.

pensi
Utusan dari Madrasah Aliah Patra Mandiri saat tampil pada kompetisi tari daerah.

Dengan modal Rp 110.000 mereka membeli bahan dasar membuat pempek panggang, diolah lalu dijual, "memang sih dibantu mama, tapi menyiapkan dll nya kami semua," ujarnya tersipu.

Putri mengaku cukup susah untuk menjual dagangannya. "Kami sedia 15 bungkus pempek panggang, tapi ini baru laku tiga. Ayo kak beli lagi kak," rayunya.Guru pembimbing Harases Gultom BScmengatakan kegiatan Pensi ini mendapat respon tinggi dari sekolah-sekolah di Palembang, bahkan dari kabupaten tetangga Ogan Ilir yakni SMPN 7 Pemulutan dan SMAN 1 Rambutan.

"Ada 14 tangkai perlombaan kami gelar. Fashion show, paduan suara, lomba azan, band competition, cepat tepat, LTBB dll. Tujuannya kami ingin menggali potensi anak-anak, sekaligus juga memperkenalkan SMA Patra Mandiri," katanya.

Gelaran pentas seni (Pensi) di SMA Patra Mandiri I seru, ada stan jualan dan Band Competition antar SMA.
Gelaran pentas seni (Pensi) di SMA Patra Mandiri I seru, ada stan jualan dan Band Competition antar SMA. (ISTIMEWA)

Tahun lalu SMA ini meraih penghargaan Adi Wiyata, sehingga memiliki tanggungjawab untuk menularkannya kepada sekolah lain. "Salah satunya kami memperkenalkan program sarapan pagi yakni program sarapan ilmu mulai pukul 06.00 setiap Selasa hingga Kamis. Itu efektif untuk membuat anak fokus dalam belajar," katanya.(lis)

Penulis: Lisma
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help