Berita PALI

Jadwal Pelantikan PPS Pemilu 2024 PALI, 213 Peserta Berhasil Lulus, ASN Hingga Perangkat Desa

Jadwal pelantikan PPS Pemilu 2024 pada 24 Januari 2023. Ada 213 orang berhasil lulus seleksi terdiri ASH hingga perangkat desa.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/REIGAN
Jadwal pelantikan PPS Pemilu 2024 pada 24 Januari 2023. Ada 213 orang berhasil lulus seleksi terdiri ASH hingga perangkat desa. Peserta PPS saat melakukan tes wawancara di Kantor KPU Kabupaten PALI Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI - Jadwal pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 diinformasikan Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (KPUD PALI) bersamaan dengan telah diumumkannya 213 orang yang lulus seleksi.

Mereka peserta seleksi PPS Pemilu 2024 yang berhasil lulus terdiri dari beragam profesi ada yang Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga perangkat desa.

Ketua KPUD PALI, Sunario SE menuturkan mereka PPS Pemilu 2024 PALI akan bekerja dan tersebar di 71 desa dan kelurahan wilayah Bumi Serepat dengan masing-masing tiga orang PPS.

Dijelaskan, tidak ada larangan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) serta perangkat desa dan lainnya untuk menjadi penyelenggara Pemilu.

Baca juga: Mantan Bupati Lahat Harunata Meninggal Dunia, Semasa Hidup Dikenal Sosok Tegas

Sesuai aturan peserta yang berhasil lolos lantaran memenuhi syarat tak boleh tak terikat dengan partai politik.

Namun demikian, Sunario belum bisa merinci jumlah pasti serta dari wilayah mana ASN tersebut berasal.

"Ada ASN yang lulus di seleksi PPS kali ini. Dari jumlah 213 orang tidak sampai lima persen," ungkap Sunario, Jumat (20/1/2023)

Badan addhock KPU PALI, PPS yang terpilih nantinya akan dilantik pada tanggal 24 Januari 2023.

Sebelumnya, tercatat selama masa pendaftaran total jumlah pelamar untuk menjadi anggota PPS sebanyak 1.242 orang.

"Dari 1242 yang mendaftar, 55 orang pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat, kemudian 267 orang dinyatakan tidak masuk verifikasi administrasi karena berkas lamaran tidak lengkap," tambah Sunario.

Dijelaskan, tahapan tersebut telah sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang berlaku.

Dimana, tahapan wawancara, mulai dari tanggal 15 - 17 Januari 2023 dan diumumkan Kamis (19/1/2023) kemarin.

Selain itu, Sunario bilang, bahwa nantinya anggota PPS yang diterima sebanyak tiga orang untuk masing-masing desa atau kelurahan.

Ia berharap kepada anggota PPS yang terpilih nanti bisa bekerja dengan profesional serta bisa bekerjasama antara satu dengan yang lainnya serta bisa mematuhi aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugasnya.

"Bekerjalah secara profesional, berintegritas, menjaga marwah KPU dengan mematuhi PKPU dan aturan yang berlaku," ujarnya. (sp/cr2)

Baca berita lainnya langsung dari google news

Silakan gabung di Grup WA TribunSumsel

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved