Ketua TP-PKK Muratara Rita Suryani Ajak Jajarannya Bantu Pemerintah Gerak Ekonomi dan Tekan Stunting

Seluruh TP-PKK desa, kelurahan, dan kecamatan turut serta menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayahnya dan menekan angka stunting. 

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Sri Hidayatun
Humas Pemkab Muratara
Ketua TP-PKK Kabupaten Muratara, Rita Suryani Devi melantik Ketua TP-PKK kecamatan, dilanjutkan desa/kelurahan, serta Bunda PAUD di Aula Siti Rahma Muara Rupit, Jumat (2/12/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengajak jajarannya hingga tingkat desa/kelurahan untuk proaktif membantu menjalankan program pemerintah.

Hal itu disampaikannya pada acara pelantikan TP-PKK kecamatan dan desa/kelurahan, serta Bunda PAUD di Aula Siti Rahma Muara Rupit, Jumat (2/12/2022). 

"Kita sebagai tim penggerak PKK memiliki program-program pokok. Tentu program kita itu membantu pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan mulai dari tingkat desa kelurahan," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Muratara, Rita Suryani Devi. 

Istri Bupati Muratara Devi Suhartoni itu menginginkan seluruh TP-PKK desa, kelurahan, dan kecamatan turut serta menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayahnya dan menekan angka stunting. 

Baca juga: TP-PKK Muratara Menambah Ilmu ke Bukittinggi, Kaji Banding Program-Produk Unggulan

Dia juga berharap seluruh desa kelurahan di Kabupaten Muratara ini menerapkan pola desa bersih dan sehat, sehingga menjadi percontohan bagi masyarakat setempat.

"Saya kepingin ada desa yang menjadi model percontohan desa bersih dan sehat, nanti diikuti oleh desa-desa yang lain. Ini akan menjadi contoh bagi masyarakat kita, sehingga mereka nanti ikut andil," katanya. 

Anggota DPRD Provinsi Sumsel dari Fraksi PDI Perjuangan itu menambahkan, angka stunting di Kabupaten Muratara masih menjadi perhatian serius, sehingga TP-PKK diharapkan dapat menekan hal tersebut. 

"Peran kita bisa membantu misalnya mencari anak-anak stunting yang benar-benar butuh perhatian. Nanti kita beri makanan tambahan bergizi secara rutin. Kita tidak lagi mengajak anak-anak ayo kumpul, bukan seperti itu lagi, tapi kita akan datangi satu-satu yang menjadi target. Mereka nanti akan kita lihat perkembangannya," kata dia. 

Bupati Muratara, Devi Suhartoni dalam arahannya menyampaikan TP-PKK dari tingkat kabupaten hingga kecamatan dan desa kelurahan agar terus ditingkatkan menjalankan program-program kerja PKK. 

"TP-PKK memiliki tugas pokok, harapan kami itu dijalankan untuk membantu kami pemerintah kabupaten, kecamatan sampai desa kelurahan. Di desa misalnya, bagaimana ibu-ibu menggerakkan ekonomi keluarga masyarakat. Paling tidak setiap desa ada sentra unggulan," harapnya. 

Devi mencontohkan, misalnya ada desa menjadi sentra tempat jualan berbagai macam ternak, sentra oleh-oleh khas daerah, sentra penghasil pangan, atau sentra kuliner. 

"Kedepannya Muratara akan dikenal oleh orang-orang di luar daerah dengan sentra-sentranya. Itu tentu dapat menggerakkan roda perekonomian dan menyejahterakan masyarakat," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved