Pasar Cinde Palembang Kebakaran

Pemkot Palembang Siapkan Lapak Gratis Korban Pasar Cinde Kebakaran, Ditawari Pinjaman Modal

Pemkot Palembang siapkan lapak gratis untuk pedagang korban Pasar Cinde Kebakaran. Mereka pedagang juga ditawari pinjaman modal.

Penulis: Widya Tri Santi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WIDYA TRI SANTI
Pemkot Palembang siapkan lapak gratis untuk pedagang korban Pasar Cinde Kebakaran. Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda berbincang dengan pedagang Pasar Cinde yang tetap jualan, Senin (28/11/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang siapkan lapak atau tempat berdagang gratis untuk pedagang korban Pasar Cinde Kebakaran dan mereka juga ditawari pinjaman modal. 

Lapak gratis ini sifatnya hanya sementara dan pedagang akan disebar di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang tida di satu tempat.

Pasar Cinde Palembang kebakaran semalam sekitar pukul 22.30 WIB yang menghabiskan puluhan kios yang dilalap si jago merah.

"Kami dari Pemkot Palembang turut berduka cita atas musibah yang dialami oleh para pedagang," ujar Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda, Senin (28/11/2022).

Masih dikatakan Fitrianti bahwasanya semalam juga telah hadir Gubernur Sumsel akan tetapi sampai sekarang ia belum mendapatkan petunjuk yang lanjut untuk para pedagang di Pasar Cinde Palembang.

Tentunya ia selaku pejabat di Pemkot Palembang tentu ini juga akan menjadi tugasnya, untuk memastikan pedagang ini agar tidak sendirian dalam mengatasi masalah ini.

Baca juga: UMP Sumsel 2023 Ditetapkan Rp 3.404.177, Ini Ancaman Sanksi Bagi Perusahaan Melanggar

Jadi langkah diambil Pemkot Palembang yaitu telah mencatat ada kurang lebih 40 kios yang aktif pada semalam ludes terbakar.

"Selama proses penyelidikan berjalan, nanti para pedagang  korban Pasar Cinde Palembang kebakaran ini bisa menempati pasar-pasar lain yang telah kami siapkan seperti di Pasar 26 Ilir, Pasar Gubah dan Pasar Palimo yang dimana tempat dimana masib tersedia lapak kosong," ucap Fitriyanti Agustinda usai meninjau lokasi kebakaran.

Jadi silakan mereka para pedagang selama proses penyelidikan masih berlangsung, mau mereka ingin tetap berdagang untuk melanjutkan kehidupan mereka.

"Nanti kita akan bantu dengan alokasikan di ana secara gratis alias tidak ada beban biaya apapun. Nanti kalau proses itu sudah selesai dan tempat ini sudah dibangun kembali mereka boleh lagi kembali ke sini," tegas Wakil Walikota Palembang yang sifatnya menyarankan dan tidak memaksa.

Kedua Pemkot Palembang akan tawarkan pinjaman modal untuk membantu para pedagang agar nantinya mereka memiliki semangat baru, dagangan baru untuk mencari nafkah.

Untuk pedagang yang kios nya tidak terbakar ia menyarankan agar ikut juga dipindahkan ke tempat yang lain, karena menurutnya bangunan tersebut akan bisa menimpa warga.

"Kami menyarankan agar mereka yang tidak terkena hangus, untuk tetap bisa dipindahkan dulu ke tempat alokasi yang sudah kami siapkan. Tapi kami tidak memaksa sifatnya," kata Fitri.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengucapakan belasungkawa juga terhadap para pedagang yang terkena musibah semalam.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved