Berita OKI

Dishub OKI Sediakan Bus Sekolah Gratis Bagi Pelajar, ini Rutenya

Guna memudahkan akses transportasi pelajar menuju ke sekolah, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyediakan bus sekolah secara gratis.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO DAVINCHI
Trayek bus sekolah gratis dari Kecamatan Sirah Pulau Padang menuju Jejawi resmi dibuka untuk para pelajar, Senin (28/11/2022) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Guna memudahkan akses transportasi pelajar menuju ke sekolah, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyediakan bus sekolah secara gratis.

Disediakannya bus sekolah gratis di OKI juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor oleh para pelajar.

Sebab sebelum ada bus sekolah gratis di OKI, banyak pelajar yang nekat mengendarai motor ke sekolah pada usianya belum cukup umur dan tak memiliki SIM. 

Baca juga: Nomor Darurat Pemadam Kebakaran OKI, Bisa Dihubungi Saat Kondisi Gawat

Selain itu banyak juga yang menumpang mobil pickup untuk menuju ke sekolahnya.

"Alasan disediakannya bus gratis, lantaran banyaknya siswa dan siswi yang selama ini masih menumpang mobil angkutan barang, pickup, dan naik diatap bus angkutan," kata Kadishub OKI, Antonio Romadhon pada Senin (28/11/2022) siang.

Diharapkan nantinya bus sekolah yang sudah beroperasi ini dapat dimanfaatkan oleh setiap pelajar baik pergi menuju sekolah maupun pulang dari sekolah.

"Pentingnya peran dari orang tua dan para guru dalam memberikan masukan kepada anak mereka untuk menaiki bus. Agar pelajar bisa bersekolah dengan aman dan nyaman tanpa mengkhawatirkan keselamatan," tegasnya.

Dijelaskan Anton, untuk rute trayek yang ditempuh mulai dari Kecamatan Sirah Pulau Padang menuju Jejawi dengan jarak 22 kilometer.

"Saat ini bus dapat melayani satu rute yaitu mulai dari SMPN 1 Sp Padang - SMAN 1 Sp Padang - SMPN 1 Jejawi dan berakhir di SMPN 4 Jejawi dan sebaliknya yang beroperasi pada jam sekolah," tutur Anton.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar SE mendukung berbagai program - program transportasi yang dapat mempermudah akses para pelajar.

"Saya selaku kepala daerah tentunya sangat mendukung program pelayanan transportasi yang baik bagi masyarakat,"

"Kali ini pemerintah kabupaten OKI menyediakan bus sekolah gratis bagi pelajar agar dapat meringankan biaya transportasi baik berangkat maupun pulang sekolah," ujar Iskandar.

Semoga dengan disediakan bus sekolah gratis bagi pelajar dapat meringankan dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelajar. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Palembang Terbaru 2022, Syarat Bayar Pajak Tahunan 

Baca juga: Syarat Ajukan KUR Bank Sumsel Babel Terbaru, Lengkap Dengan Caranya

"Diharapkan pada tahun-tahun mendatang bus gratis ini bisa kembali bertambah dan dapat membuka rute perjalanan di seluruh wilayah kabupaten OKI," harapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved