Berita OKI

Bus Sekolah Layani Sp Padang Hingga Jejawi Ogan Komering Ilir (OKI), Ini Rutenya

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyediakan bus sekolah secara gratis. Berikut Rutenya

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Bus sekolah gratis dari Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang menuju Jejawi OKI resmi dibuka untuk para pelajar, Senin (28/11/2022) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG --  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyediakan bus sekolah secara gratis. 

Bus Sekolah di OKI berujuan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor oleh para pelajar yang masih belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) ataupun menumpang mobil pickup menuju ke sekolahnya.

"Alasan disediakannya bus gratis, lantaran banyaknya siswa dan siswi yang selama ini masih menumpang mobil angkutan barang, pickup, dan naik diatap bus angkutan," kata Kadishub OKI, Antonio Romadhon pada Senin (28/11/2022) siang.

Diharapkan nantinya bus sekolah yang sudah beroperasi ini dapat dimanfaatkan oleh setiap pelajar baik pergi menuju sekolah maupun pulang dari sekolah.

"Pentingnya peran dari orang tua dan para guru dalam memberikan masukan kepada anak mereka untuk menaiki bus. Agar pelajar bisa bersekolah dengan aman dan nyaman tanpa mengkhawatirkan keselamatan," tegasnya.

Dijelaskan Anton, untuk rute trayek yang ditempuh mulai dari Kecamatan Sirah Pulau Padang menuju Jejawi dengan jarak 22 kilometer.

"Saat ini bus dapat melayani satu rute yaitu mulai dari SMPN 1 Sp Padang - SMAN 1 Sp Padang - SMPN 1 Jejawi dan berakhir di SMPN 4 Jejawi dan sebaliknya yang beroperasi pada jam sekolah," tutur Anton.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar SE mendukung berbagai program - program transportasi yang dapat mempermudah akses para pelajar.

"Saya selaku kepala daerah tentunya sangat mendukung program pelayanan transportasi yang baik bagi masyarakat,"

"Kali ini pemerintah kabupaten OKI menyediakan bus sekolah gratis bagi pelajar agar dapat meringankan biaya transportasi baik berangkat maupun pulang sekolah," ujar Iskandar.

Semoga dengan disediakan bus sekolah gratis bagi pelajar dapat meringankan dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelajar.

"Diharapkan pada tahun-tahun mendatang bus gratis ini bisa kembali bertambah dan dapat membuka rute perjalanan di seluruh wilayah kabupaten OKI," harapnya.

Dalam sambutannya, M Alki Ardiansyah selaku duta keselamatan jalan kabupaten OKI menyebutkan kedepan tidak adalagi para siswa yang ngebak (ikut mobil bak terbuka) dikarenakan sudah disediakan satu unit mobil bus gratis.

"Saya menyambut gembira dan berharap keselamatan dijalan dapat ditingkatkan lagi. Karena edukasi  keselamatan berlalu-lintas harus ditanamkan bagi anak usia dini," tuturnya salah satu contohnya memakai helm saat berkendara.

Baca juga: Istri Dipukul Suami Gegara Api Tungku Tidak Menyala, Kasus KDRT di Desa Lubuk Seberuk OKI

Melalui bus sekolah gratis ini diharapkan para pelajar yang dilalui trayek gratis ini menjadi pelopor keselamatan dan bisa dimanfaatkan siswa lainnya.

"Kalau kita lihat bus ini tidak sebanding dengan jumlah siswa di kabupaten OKI. Semoga kedepan dengan adanya penambahan dapat lebih maksimal lagi," imbuhnya.

Guna mendukung terealisasi penambahan bus sekolah. Hana Gayatri, anggota komisi 5 DPR RI akan kembali meminta bantuan bus sekolah untuk di Bumi Bende Seguguk.

"Saya akan terus meminta ditambah jumlah bus sekolah gratis ini. Insyaallah tahun 2023 mendatang trayek juga bisa bertambah untuk kecamatan-kecamatan lainnya," pungkasny

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved