4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan dan Karyawan

4 manfaat penggunaan aplikasi absensi online bagi perusahaan atau karyawan yang masih menerapkan sistem WFO, WFH atau hybrid.

Dok. Pexels/George Milton
Ilustrasi work from home (WFH) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Tantangan pada masa pandemi Covid-19 tampaknya benar-benar menguji di dalam segala bidang, khususnya dalam bidang pekerjaan. Apalagi pandemi Covid-19 terjadi begitu lama dan membuat pandangan manusia tentang pekerjaan menjadi berubah.

Pada awalnya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masih sulit untuk dilakukan, karena terkadang dilakukan tidak secara konsisten dan disiplin oleh karyawan.

Namun, perlahan-lahan pandangan tersebut berubah dan pekerja menjadi terbiasa. Bahkan banyak pekerja kantoran yang justru memilih WFH permanen. Apalagi saat ini absen hadir online buat karyawan sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Terlepas dari jenis pekerjaan yang dilakukan, work from home (WFH) dan work from office (WFO) punya kesan serta kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, kini pekerja lebih tertarik dengan sistem hybrid working.

Hybrid working adalah sistem penggabungan antara sistem WFO dan WFH atau bisa dilakukan secara bergantian dalam setiap minggunya. Adanya aplikasi absensi online akan sangat memudahkan kedua pekerjaan ini, baik dari WFO maupun WFH.

WFH merupakan salah satu kebijakan yang diusulkan oleh pemerintah untuk membantu mengurangi penyebaran pandemi, karena mengurangi interaksi dan tatap muka.

Sayangnya, sistem ini sebenarnya tidak direncanakan berjalan secara permanen dan tidak bisa berlaku untuk semua jenis profesi.

Hal itu dikarenakan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara praktek atau terjun langsung di lapangan.

Adapun contoh pekerjaan yang tidak WFH, antara lain pemadam kebakaran, dokter, sopir, karyawan bank, nelayan, pengawas rel kereta, petugas bandara, dan masih banyak lagi.

WFO atau kerja lapangan setelah pandemi harus menerapkan aturan yang lebih ketat, khususnya untuk memperhatikan protokol kesehatan. Pastikan juga bahwa Anda sudah mendapatkan vaksin.

Pentingnya aplikasi absensi online

Sekitar dua tahun yang lalu, ketika baru mulai WFH, para pekerja kantoran harus beradaptasi, karena tidak seperti rutinitas biasa.

Dalam WFH, diperlukan kekuatan internet dan jaringan, termasuk dalam hal mengelola kehadiran atau absen yang dilakukan secara online melalui gadget yang dimiliki.

Selama karyawan yang bekerja jarak jauh bisa responsif dan tetap menjaga koneksi, WFH bisa dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan aplikasi absensi online.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved