Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Apkasindo Bakal Bangun 10 Pabrik Kelapa Sawit di Sumsel, Ini Lokasinya

Harga sawit Palembang, Apkasindo memprogramkan akan membangun 10 pabrik kelapa sawit Pabrik Kepala Sawit (PKS) di Sumsel. Ini lokasi disiapkan.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
DOK TRIBUN SUMSEL
Harga sawit Palembang, Apkasindo memprogramkan akan membangun 10 pabrik kelapa sawit (PKS) di Sumsel. Ini lokasi disiapkan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Harga sawit Palembang, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) memprogramkan akan membangun 10 pabrik kelapa sawit Pabrik Kepala Sawit (PKS) di Sumatra Selatan (Sumsel). 

Program pembangunan pabrik kelapa sawit di Sumsel ini bertujuan agar harga sawit Palembang khususnya harga sawit di petani swadaya bisa stabil.

Selama ini memang harga sawit Palembang khususnya harga sawit di petani swadaya seringkali anjlok. Mereka petani tidak bisa menjual langsung ke pabrik dan terpaksa harus melalui pengepul karena memang pabrik belum ada.

Sejauh ini Apkasindo masih melakukan beragam survei dan kesepakatan hingga bisa diwujudkan.

Realisasi rencana pembangunan pabrik kelapa sawit di Sumsel ini diprediksi masih memerlukan waktu yang panjang.

"Sebenarnya rencana itu dari Apkasindo pusat dan akan diimplementasikan ke daerah dan Sumsel sebagai salah satu daerah penghasil sawit terbanyak di tanah air," kata M Yunus Wakil Apkasindo Sumsel, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Harga Karet Palembang: Harga Karet Hari Ini Naik Tipis, KKK 100 Persen Rp 19.896 per Kg

Yunus mengatakan saat ini prosesnya masih penjajakan dan melihat daerah mana yang potensial bakal dibangun pabrik ini.

Rencananya bakal ada 10 pabrik kelapa sawit yang akan dibangun yakni tujuh pabrik CPO dan tiga lagi untuk pabrik minyak merah.

Pembangunan pabrik kelapa sawit ini diharapkan bisa menjadi solusi mendongkrak harga kepala sawit yang kerap anjlok harganya.

Harga sawit akan semakin anjlok apalagi petani sawit swadaya menjual langsung ke tengkulak karena biasanya selisih harga jual ke pabrik dan tengkulak cukup jauh bahkan hingga Rp 1.000 per kg selisihnya.

"Lokasinya pabrik yang bakal dibangun sudah ada, tinggal mengurus perizinan nantinya," ujar Yunus.

Lokasi yang akan dibangun pabrik ini yakni di Banyuasin, Muba, PALI, OKI dan lainnya karena di sana potensi lahan swadaya dan replanting cukup besar.

Harga Sawit September 2022 di Sumsel

harga sawit September 2022 Periode 2 di Sumsel, harga TBS sawit dilansir dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved