Berita Sumsel Maju untuk Semua

Hadiri Rakernas Dekranas, Feby Deru Angkat Wastra Tenun dan Batik Khas Sumsel

Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru berkomitmen untuk mendorong kemajuan UMKM lokal, khususnya para perajin kain/wastra Sumsel. 

Editor: Sri Hidayatun
Humas Pemprov Sumsel
Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2022 yang digelar di auditorium Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/9/2022) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM.JAKARTA- Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD hadiri  Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  tahun 2022 yang digelar di  auditorium Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/9/2022) pagi.

Usai menyimak arahan Ketua Umum Dekranas, bu Wury Ma'ruf Amin, Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru menegaskan, dirinya  terus berupaya mewujudkan majunya sektor  UMKM lokal.

Melalui berbagai pelatihan bagi para perajin.

"Para pelaku UMKM lokal akan kita bantu. Selama ini bantuan kita berikan dalam bentuk pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para perajin," tergasnya.

Dikatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, termasuk bagi para perajin yang membuat produk kriya Tantangan-tantangan yang dihadapi di antaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar, minimnya regenerasi SDM perajin yang andal, dan persaingan ketat dengan produk sejenis dari luar negeri yang telah membanjiri Indonesia.

Oleh karenanya, Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru berkomitmen untuk mendorong kemajuan UMKM lokal, khususnya para perajin kain/wastra Sumsel. 

Baca juga: Rayakan HUT ke-77 PMI, Feby Deru Berikan Penghargaan Pada Para Pendonor Sukarela

Jika sebelumnya kain tenun angkinan yang diangkat, lanjut Feby maka untuk berikutnya wastra Sumsel lain yang akan diangkat adalah batik Sumsel motif sisik ikan dan motif durian.

"Selama ini kita (Sumsel) dikenal luas dengan kain songket, padahal masih banyak kain-kain khas lain yang unik. Bisa jadi kain tersebut mungkin hampir serupa, namun tetap ada ciri khas yang bisa ditonjolkan, dapat menjadi penanda wastra tersebut berasal," tambahnya.

Selain bantuan berupa pelatihan bagi para perajin, upaya lain yang dilakukan adalah dengan melibatkan para perajin dalam pameran Kriya Nusa 2022, sehingga diharapkan mampu meningkatkan perluasan pasar.

Sebelumnya, dalam sambutan saat membuka Rakernas Dekranas 2022, Wury Ma'ruf Amin menyampaikan agar dari Rakernas yang diselenggarakan pada hari ini dapat menyusun program-program yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM dan perajin.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved