Berita Palembang

PKS Beri Sinyal Bakal Dukung Anies Baswedan Untuk Maju Sebagai Capres di Pilpres 2024

PKS Beri Sinyal Bakal Dukung Anies Baswedan Untuk Maju Sebagai Capres di Pilpres 2024

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Slamet Teguh
Tribunsumsel.com/ Arief Basuki Rohekan
Kepala Bidang (Kabid) DPW PKS Sumsel Mgs Syaiful Padli 

TRIBUNSUMSEL.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini sudah memberi sinyal dukungan untuk mendukung Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024.

Seperti diketahui, Anies Baswedan sudah mengaku bakal maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Kini, ,eskipun belum ada sikap resmi berkoalisi dengan partai politik mana, dan siapa yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

PKS memberikan sinyal akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

DPW PKS Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri tak menampik, akan arah dukungan Bakal Calon Presiden (Capres) kedepan, mengingat sejumlah pengurus di provinsi lain telah mendeklarasikan dukungan ke Anies Baswedan.

"Memang beberapa tempat dan daerah (provinsi lain) sudah berani mendeklarasikan dukungan ke Anies, tapi untuk di Sumsel belum, kita masih menunggu instruksi DPP," kata Kepala Bidang (Kabid) DPW PKS Sumsel Mgs Syaiful Padli, Selasa (20/9/2022). 

Anggota DPRD Sumsel ini sendiri tak menampik, jika dukungan sebagian masyarakat di Sumsel juga menginginkan Anies maju dalam Pilpres nanti.

"Selain itu sejumlah komunitas dan relawan Anies sudah komunikasi dan datang ke DPW, memberikan dukungan moril. Jika PKS mendukung Anies di Pilpres nanti, para relawan ini siap membantu," paparnya.

Baca juga: Partai Demokrat, NasDem, dan PKS Disebut Siap Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres di Pilpres 2024

Baca juga: PKS Turut Bela SBY Soal Dugaan Bakal Adanya Kecurangan di Pemilu 2024, Ungkap Fakta di Lapangan

Ditambahkan pria yang disebut- sebut akan meramaikan Pilkada kota Palembang 2024 ini, untuk koalisi parpol di Pilpres nanti hal itu merupakan kewenangan DPP PKS (pusat), yang saat ini intens melakukan komunikasi dan penjajakan dengan parpol seperti Nasdem dan Demokrat.

"Soal koalisi Pilpres masih dikomunikasikan secara intens PKS bersama Demokrat dan Nasdem. Tapi saya rasa tidak menutup kemungkinan penjajakan diluar dua partai itu, sebab sudah dilakikan silahturahim dengan partai besar lainnya," tandasnya.

Disisi lain dalam meraih hasil positif pada Pemilu Legislatif (Pileg) yang dilakukan serentak dengan Pilpres 2024, PKS Sumsel sudah menyiapkan calon legislatif (Caleg) berkualitas, yang berasal dari tokoh masyarakat, pejabat daerah ataupun ahli. Namun Syaiful belum berani mengungkapkannya karena menunggu SK DPP PKS.

"Siapapun boleh masuk jadi kader PKS dan antuiasnya besar, dengan banyaknya tokoh, pejabat daerah maupun ahli nyaleg PKS berdampak jelas nantinya, karena akan meningkatkan elektailitas PKS dan menambah perolehan suara nasional dan kursi dari Dapil Sumsel maupun di daerah, mengingat yang gabung bukan kaleng- kalengan," paparnya.

Mengenai target Pemilu 2024 nanti selain dalam Pilpres calon yang diusung menang, untuk legislatif PKS menargetkan 3 kursi DPR RI dari Dapil Sumsel, dan 12 kursi DPRD Sumsel.

"Kalau kursi DPR RI kita target tiga kursi, tapi minimal dua kursi dari satu kursi yang ada saat ini. Kita berusaha merebut kembali kursi yang hilang di Dapil Sumsel dua. Sedangkan kursi DPRD Sumsel dari 10 dapil, saya rasa dapil Kot Palembang bisa tiga kursi, termasuk Dapil OI dan OKI bisa dua kursi kedepan," pungkasnya.

Baca berita Tribunsumsel.com lainnya di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved