Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga Sawit OKI, Pengepul Beli TBS Sawit Rp 1.450 per Kg

Harga sawit Palembang, harga sawit OKI di tingkat petani Rp 1.450 perkilogram. Harga ini adalah harga beli pengepul kepada petani sawit.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Harga sawit Palembang, harga sawit OKI di tingkat petani Rp 1.450 perkilogram. Harga ini adalah harga beli pengepul kepada petani sawit, Sabtu (17/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Harga sawit Palembang, harga sawit OKI di tingkat petani Rp 1.450 per kilogram.

Harga sawit Palembang, harga sawit OKI di tingkat petani ini adalah harga beli pengepul kepada petani sawit.

Besarnya harga beli tandan buah segar (TBS) sawit tingkat petani di OKI ini masih jauh dari harga sawit Palembang yang ditetapkan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sumsel periode I September 2022.

Berdasarkan ketetapan, harga sawit Palembang untuk usia tanam 10 - 20 tahun yang mengalami kenaikan Rp 228,66 dan menjadi Rp. 2.418,48 perkilogram.

Meski harga sawit di OKI masih jauh dari harga sawit periode I September 2022 tetapi petani yang ada di Kabupaten OKI tetap bergairah dan penjualan menjadi meningkat.

Hal tersebut dibenarkan salah satu pengepul sawit di Desa Sukaraja, Kecamatan Pedamaran bernama Andi Lukmana.

Baca juga: Pria Paruh Baya Asusila Anak Tetangga di Muratara, Pegang dan Gigit Bagian Sensitif Korban

"Alhamdulillah berangsur-angsur harga sawit membaik dan membuat petani berbondong-bondong menjual buah sawit miliknya ke lapak saya setiap harinya," ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (17/9/2022) siang.

Menurutnya harga beli dikalangan pengepul masih terpantau jauh dibandingkan dengan harga yang telah ditetapkan Disbun Sumsel.

"Kalau harga beli sawit dari petani masih berkisar Rp 1.450 perkilogram dan harga jual di pabrik terakhir menjual kemarin sekitar Rp 1.700 per kilogram," jelasnya.

Menurutnya dengan banyaknya penjualan, dirinya bisa mengirim hingga 5 - 6 ton atau kurang lebih mobil satu truk ke pabrik perharinya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved