Berita Palembang

Sandiaga Uno ke Palembang, Menparekraf Cerita Jadi Pengangguran Hingga Punya 30 Ribu Pekerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno ke Palembang, Rabu (14/9/2022).

TRIBUNSUMSEL.COM/WIDYA TRI SANTI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno saat Sarasehan Pelaku Ekraf (Ekonomi kreatif) kota Palembang, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno ke Palembang, Rabu (14/9/2022).

Saat menghadiri  Sarasehan Pelaku Ekraf (Ekonomi kreatif) kota Palembang, Sandiaga Uno bercerita sempat menjadi pengangguran sekitar 25 tahun yang lalu.

Hingga kini Sandiaga Uno kini menjadi pengusaha yang membuka lapangan kerja sebanyak 30 ribu pekerja. 

 “Dulu sebelumnya, saya pernah kehilangan penghasilan saat bekerja dari peringkat jabatan karyawan hingga menjadi seorang pengangguran," kata Salahuddin Uno dihadapan Pelaku  UMKM di Palembang.

Lanjut ia juga mengungkapkan setelah ia kehilangan pekerjaannya, dirinya memulai usaha pada usia 28 tahun dan berawal dari mempunyai 3 orang karyawan.

“Alhamdulillah dari sejak 25 tahun lalu, saya bangkit untuk memulai usaha. Awalnya saya hanya memiliki 3 karyawan saja, saya di saat awal usaha menggunakan pola ekonomi kreatif. Karena kerja keras saya berusaha sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan. Dan sampai saat ini bisa mempekerjakan 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Setelah ia menyampaikan awal mula ia berusaha hingga sukses, ia juga membagikan beberapa tips untuk pelaku UMKM di kota Palembang agar bisa mencapai sukses 

"Jika UMKM mau sukses itu, pertama yaitu inovatif, adaktif, dan kolaboratif. Kedua, berani mengambil resiko dan ketiga jalin relasi dan networking. Karena ekraf ini berbasis silaturahim, karena silaturahim itu memperpanjang umur dan memperluas rejeki kita," kata Sandi dengan nada semangat.

Baca juga: HEBOH Polisi Pukul TNI di Palembang Depan Taman Makam Pahlawan, Ini Kata Humas Polda Sumsel

Berikut tips dari Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno yaitu, pertama gerak cepat (gercep), kedua adalah gerak bersama (geber), harus bergandengan tangan ga bisa sendiri-sendiri dan ketiga garap semua potensi online (gaspol).

"Semua harus digitalisasi. Sekarang sudah ada perbankan, kita bisa pakai Qris, payment, yang sangat memudahkan kita,” katanya.

Menparekraf RI menambahkan, untuk di tahun ini Presiden RI meminta 1,1 juta peluang lapangan kerja dari sektor ekonomi kreatif.

"Jika di tahun 2024 lapangan pekerjaan baru harus mencapai 4,4 juta," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved