Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga TBS Sawit Muratara Tingkat Petani Turun Jadi Rp 1.400-an per Kg

Harga sawit Palembang, harga TBS sawit Muratara di tingkat petani turun menjadi Rp 1.400-an per kg imbas dari naiknya harga BBM, Kamis (8/9/2022).

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati
DOK TRIBUN SUMSEL
Harga sawit Palembang, harga TBS sawit Muratara di tingkat petani turun menjadi Rp 1.400-an per kg imbas dari naiknya harga BBM. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Harga sawit Palembang, harga TBS sawit Muratara di tingkat petani turun menjadi Rp 1.400-an per kg.

Pemilik RAM atau pengepul tandan buah segar (TBS) sawit di Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terpaksa menurunkan harga beli. Akibatnya harga sawit di tingkat petani makin jauh dari harga sawit Palembang yang ditetapkan asosiasi.

Salah seorang pengepul TBS sawit, Aidil mengungkapkan turunnya harga beli sehingga harga jauh dari ketetapan harga sawit Palembang yang disepakati asosiasi karena biaya transportasi bertambah pasca-kenaikan harga BBM.

"BBM naik otomatis biaya transportasi angkutan kita ke pabrik kan pasti bertambah, ya mau tidak mau turun kita beli, karena di pabrik tidak naik," kata Aidil pada TribunSumsel.com, Kamis (8/9/2022).

Ia mengungkapkan, sebelum BBM naik masih membeli TBS sawit dari petani seharga Rp 1.600-an per kilogram (kg), namun setelah ada kenaikan diturunkan menjadi Rp 1.400-an per kg.

"Turunnya tidak jauh, seratus sampai dua ratus, tapi kalau di pabriknya naik kita pasti naik juga," katanya.

Baca juga: Harga Karet Palembang: Harga Karet Sumsel Hari Ini Rp 19.159 per Kg, Kualitas KKK 100 Persen

Pengepul lainnya, Piko mengungkapkan dirinya juga terpaksa menurunkan harga beli dampak dari meningkatnya biaya transportasi pasca-kenaikan BBM.

"Mungkin sama seperti (pengepul) yang lain, imbas dari BBM naik ini kan biaya transportasi tentunya juga naik," katanya.

Ia mengatakan, untuk harga TBS sawit saat ini cenderung stagnan, masih berkisar Rp 1.500-1.600 per kg.

"Kalau hari ini 1.500-an (rupiah per kg), seminggu ini agak mantap harganya, stagnan lah, naik turun paling 50 sampai seratus rupiah," ujarnya.

Diprediksi Harga TBS Sumsel Bisa Capai Rp 3.000-an per Kg

Seiring tren kenaikan harga sawit Palembang, harga TBS sawit Sumsel diprediksi bisa mencapai Rp 3.000-an per kg yang akan dicapai beberapa bulan ke depan.

"Harga TBS Sumsel sawit saat ini sudah berangsur-angsur naik, sudah lebih dari Rp 2000 per kg di tingkatan pabrikan," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Ahmad Rizali, Rabu (23/8/2022)

Menurutnya, memang dampak adanya kebijakan pelarangan ekspor sebelumnya cukup berdampak, dan dampak suatu kebijakan itu tidak gampang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved