Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga TBS Sawit Hari Ini di Muratara Sumsel, Rp 1.630 Tingkat Pengepul

Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara Sumsel Rp 1.630 per kg di tingkat pengepul atau RAM.

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati
DOK TRIBUN SUMSEL
Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara Sumsel Rp 1.630 per kg di tingkat pengepul atau RAM, Kamis (25/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara Sumsel cenderung stagnan sejak sepekan terakhir.

Di tingkat pengepul atau RAM, harga sawit Palembang, harga TBS sawit di Muratara berkisar Rp 1.600-an per kilogram (kg) di tingkat pengepul atau RAM.

"Kalau hari ini 1.630 (rupiah per kg), seminggu ini agak mantap harganya," ujar salah seorang pengepul, Piko pada TribunSumsel.com, Kamis (25/8/2022) tentang harga sawit Palembang, harga TBS sawit di Muratara.

Walaupun harga tersebut agak fluktuatif, kata Piko, namun tidak sampai terjadi kenaikan atau penurunan yang signifikan.

"Cenderung mantap harganya, paling turun cuma berapa ratus rupiah begitu, terus naik lagi berapa ratus rupiah, tidak sampai seribuan naik turunnya," kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara, Ade Meiri Siswani mengatakan, pemerintah daerah baru saja mengundang PT Bumi Mekar Tani (BMT) untuk berkoordinasi soal harga beli TBS sawit.

Baca juga: Harga Karet Palembang: Harga Karet di Ogan Ilir Sumsel Hari Ini Turun Rp 1.000 per Kg

Perusahaan tersebut merupakan satu-satunya pabrik kelapa sawit (PKS) di Muratara yang menampung TBS petani mandiri karena tidak memiliki kebun sendiri.

"Kita cuma mengundang BMT, karena dia yang beli TBS petani mandiri, kalau Lonsum atau SIPEF Group kan dia ada kebun sendiri, ada kebun plasma juga, harganya tidak terlalu jauh dengan ketentuan pemerintah provinsi," ujar Ade.

Kepada PT BMT yang diundang, kata Ade, pemerintah daerah menekankan agar PKS tersebut membeli hasil panen sawit petani mandiri dengan harga yang tidak terlalu jauh dari ketetapan Pemprov Sumsel.

"Kita sebenarnya meminta, berharap, menekankan lah istilahnya, tapi itu tadi kita tidak bisa berbuat banyak, karena mereka juga terkadang mempertimbangkan kondisi buah yang masuk ke pabrik," ujarnya.

Harga TBS Sawit Palembang Sumsel Diprediksi Terus Meningkat

Harga Tandan Buah Segar (TBS)  Sawit Palembang Sumsel diprediksi akan terus meningkat.

Peningkatan harga TBS Sawit didorong harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Sumatera Selatan bergerak naik didorong kebijakan tarif pungutan ekspor menjadi nol persen hingga 31 Agustus 2022.

"Aturan pungutan ekspor 0 persen ini dikeluarkan sebagai respons atas situasi industri kelapa sawit di dalam negeri," kata Analis PSP Madya Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian SP MSi, Selasa (23/8/2022).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved