Berita Banyuasin

Pencurian Pipa Pertamina Bentayan di Banyuasin, Pelaku Potong 50 Meter Pipa, Kerugian Puluhan Juta

Pencurian pipa Pertamina kembali terjadi. Kali ini pipa Pertamina yang dicuri adalah pipa Pertamina Bentayan Banyuasin.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
DOK POLISI
Jodi Iskandar (22) warga Jalan Perindustrian II Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang pelaku pencurian pipa Pertamina Bentayan Banyuasin dan hasil curian diamankan di Polsek Tungkal Ilir. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Pencurian pipa Pertamina kembali terjadi. Kali ini pipa Pertamina yang dicuri adalah pipa Pertamina Bentayan Jalan Pertamina Regional 1 Zona 4 Line Field Ramba BN-26 Dusun I Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin.

Satu dari empat pelaku pencurian pipa Pertamina Bentayan ditangkap anggota Polsek Tungkal Ilir.

Pelaku pencurian pipa Pertamina yang diamankan adalah Jodi Iskandar (22) warga Jalan Perindustrian II Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang. Pelaku diamankan, bersama barang bukti pipa minyak curian sebanyak 24 batang dan satu unit mobil pickup.

Kapolsek Tungkal Ilir Iptu Panji Nugroho menuturkan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan dari sejumlah security Pertamina Bentayan. Bila terjadi pencurian pipa minyak milik Pertamina Bentayan Jalan Pertamina Regional 1 Zona 4 Line Field Ramba BN-26 Dusun I Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin.

"Para pelaku ini, menjalankan aksinya dengan memotong pipa besi produksi milik PT Pertamina Bentayan dengan ukuran empat inci sepanjang lebih kurang 50 meter. Barulah, potongan ini diangkut menggunakan mobil pickup," kata Panji, Jumat (12/8/2022).

Berdasarkan informasi itulah, pihak Polsek Tungkal Ilir melakukan penyelidikan. Ternyata, pipa yang sudah dicuri dijual para pelaku di Desa Keluang Kecamatan Tungkal Ilir.

Satu orang pelaku Jodi diamankan saat berada di Jalan Poros PTPN VII Bentayan. Pengembangan dilakukan, untuk menangkap pelaku lain. Diduga sudah mengetahui Jodi di tangkap, ketiga pelaku lain berhasil melarikan diri.

"Dari pengakuan tersangka ini, rencananya pipa akan dibawa ke Palembang untuk dijual. PT Pertamina Bentayan mengalami kerugian lebih kurang Rp 22.5 juta, karena pencurian yang dilakukan
tersangka Jodi dan tiga pelaku lain. Tiga pelaku lain yakni AN, AD, UT masih dalam pengejaran kami," pungkasnya.

Aksi Serupa Sebelumnya

Iwan (46) terduga pelaku pencurian Pipa PT Pertamina senilai Rp 45 jutadiringkus di dekat rumahnya oleh petugas unit Pidum (pidana umum) dan Tekab 134 Polrestabes Palembang.

Dia diringkus tak jauh dari rumahnya di Jalan Pangeran Ratu Tepi Sungai Ogan Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang.

Iwan hanya bisa terdiam dan lemas ketika petugas yang mengenakan baju preman menyergapnya.

“Ampun pak, ampun. Aku ngaku salah,” katanya saat diringkus petugas Rabu (26/5/2021), sekira sore hari.

Kronologis berawal, terjadi pencurian pipa senilai Rp 45 juta yang dialami oleh PT Pertamina yang terletak di Tepi Sungai Ogan Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring Palembang yang terjadi pada Selasa (11/5/2021) lalu sekitar pukul 08.30.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved