Breaking News:

Berita Palembang

Cuaca Kota Palembang Lebih Panas dari Biasanya Beberapa Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG

Beberapa hari belakangan suhu cuaca di Kota Palembang bisa mencapai 33 derajat celcius yang artinya lebih panas dari biasanya.

tribunsumsel.com/khoiril
Beberapa hari belakangan suhu cuaca di Kota Palembang bisa mencapai 33 derajat celcius yang artinya lebih panas dari biasanya. Tak hanya di siang hari, cuaca panas juga terasa bahkan saat malam hari. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Beberapa hari belakangan suhu cuaca di Kota Palembang bisa mencapai 33 derajat celcius yang artinya lebih panas dari biasanya.

Tak hanya di siang hari, cuaca panas juga terasa bahkan saat malam hari.

Kepala Stasiun Klimatologi Palembang, Wandayantolis mengatakan, Suhu udara tertinggi memang terjadi pada sekitar September dan Oktober setiap tahunnya.

Hal ini berdasarkan siklus normal suhu udara di Palembang.

"Faktor yang berperan dalam kondisi cuaca ini dikarenakan adanya gerak semu matahari yang melintasi wilayah Sumsel pada periode tersebut. Puncak panas biasanya terjadi tepat setelah titik kulminasi terjadi atau justru setelah posisi matahari telah melewati titik kulminasinya," jelasnya, Rabu (13/10/2021).

Dalam kondisi ini, suhu tertinggi justru tercapai setelah pukul 13.00 WIB, bukan pada pukul 12.00 WIB saat matahari tepat berada di atas.

Wandayantolis menjelaskan, hal Ini berkaitan dengan neraca keseimbangan panas antara radiasi gelombang pendek yang diterima dengan radiasi pantul dari permukaan bumi.

Dia mengungkapkan, dalam satu tahun gerak semu matahari akan dua kali melintasi wilayah Indonesia termasuk Sumatera Selatan.

Sebab, puncak suhu maksimum selain terjadi antara September dan Oktober juga terjadi pada sekitar April atau Mei.

"Berkaitan suhu yang dirasa lebih menyengat sejak awal Oktober ini, lebih dipengaruhi oleh berkurangnya curah hujan dalam periode yang sama," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved