Breaking News:

Berita Palembang

Meski Survei Dibawah 3 Persen, PAN Sumsel yakin Raih Suara Diatas 6 Persen

Sekretaris DPW PAN Sumsel Joncik Muhammad menegaskan pemilu legislatif (Pileg) yang sudah diikuti PAN sebanyak 4 kali sejak era reformasi.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Sekretaris DPW PAN Sumsel Joncik Muhammad menyampaikan keyakinan optimis pada Pemilu 2024 mendatang tetap lolos parliamentary thersholf (PT) atau ambang batas di parlement yang ditetapkan minimal 3 persen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Meski sejumlah lembaga survei yang ada, menyatakan Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini elektabilitasnya sangat kecil dibawah 3 persen.

Namun, DPW PAN Sumsel optimis pada Pemilu 2024 mendatang tetap lolos parliamentary thersholf (PT) atau ambang batas di parlement yang ditetapkan minimal 3 persen.

Ketegasan ini disampaikan Sekretaris DPW PAN Sumsel Joncik Muhammad, berkaca dari pemilu legislatif (Pileg) yang sudah diikuti PAN sebanyak 4 kali sejak era reformasi hingga 2019 lalu.

"Memang hasil survei dari lembaga survei yang ada, setiap sebelum pemilu selalu menunjukkan PAN masih dibawah PT dibawah 3 persen, dari dulu- dulu itu tapi nyatanya PAN selalu lolos," kata Joncik, Jumat (8/10/2021).

Bupati Empat Lawang ini pun membeberkan, hasil Pileg yang ada PAN selalu menjadi partai tengah dalam perolehan suaraya, mulai dari tahun 2004 selalu diatas 6 persen sampai sekarang, hingga puncaknya 2014 lalu sekitar 6,7 persen.

"Artinya, jangan- jangan yang survei yang salah, meski selalu beragumentasi ada margin error tetapi kenapa errornya keatas bukan kebawah. Kalau betul- betul survei ini bisa dapat dipercaya atau dipertanggung jawabkan maka margin errornya kebawah bukan keatas, tapi ini selalu keatas PAN dan berlangsung setiap pemilu," capnya.

Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumsel ini pun tidak mau berpikiran negatif terkait kinerja lembaga survei yang ada tersebut, dan kemungkinan sampling yang diambil lembaga survei buka ditempat suara PAN selama ini.

"Kalau saya selaku kader PAN, saya menyakinkan betul hasil survie itu tidak mencerminkan gambaran konstetuen PAN, mungkin metodenya sudah benar tapi samplingnya tidak menggambarkan konstetuen PAN selama ini, karena PAN 4 kali ikut pemilu dan selalu naik suaranya," 

Meski begitu, mantan ketua Komisi II DPRD Sumsel menganggap hasil survei itu, bisa menjadi semangat bagi kader PAN yang ada khususnya di Sumsel, untuk terus bekerja demi kepentingaj rakyat.

"Jadi sebagai sekretaris DPW dan kader PAN sejak berdiri, bagi saya survei itu penting dan sebagai cambuk bagi kader- kader PAN kedepan, tapi jangan kita terbelenggu sebab bukan fakta dilapangan, dan yag pasti kader PAN harus bergerak, berikan yang terbaik bagi masyarakat sehingga yakin lolos PT nanti. Saya yakin ini, setelah beberapa pemilu suara PAN selalu diatas 6 persen," tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved