Breaking News:

Berita Banyuasin

Terjebak Macet di Km 20 Banyuasin Menuju ke Palembang, Ini Jalan Alternatif Tembus Sampai ke Musi 2

Pengendara arah Banyuasin yang akan menuju ke arah Kota Palembang, tetapi takut terjebak macet di Km 14 atau Km 12 sebetulnya ada jalan alternatif.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Jalan alternatif yang bisa dilalui menuju ke Palembang bagi pengendara dari arah Banyuasin yang akan menuju ke arah Kota Palembang bisa melalui Semuntul. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Bagi pengendara dari arah Banyuasin yang akan menuju ke arah Kota Palembang, tetapi takut terjebak macet di Km 14 atau Km 12 sebetulnya ada jalan alternatif yang bisa dilalui menuju ke Palembang.

Pengendara yang datang dari arah Banyuasin menuju ke Palembang, bisa melalui jalan alternatif. Jalan alternatif ini, bisa tembus ke berbagai jalan lainnya bahkan bisa tembus sampai ke Musi 2 Palembang.

Jalan alternatif ini, berada di Simpang Semuntul Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Saat pengendara melintas di Jalan Lintas Timur tepatnya di Kn 20, bisa melihat plang penunjuk arah Palembang dan Semuntul.

Bila lurus, maka akan menuju ke Km 14 hingga Km 12 perbatasan antara Kabupaten Banyuasin dan Palembang. Tetapi, bila tidak ingin terjebak macet atau kendaraan yang padat, pengendara bisa melalui jalan alternatif menuju ke Semuntul.

Jalan menuju ke Semuntul ini berada di sebelah kanan, apabila pengendara datang dari arah Sembawa Banyuasin. Pengendara bisa langsung masuk menuju jalan ke arah Semuntul. Tinggal mengikuti jalan tersebut, dan apabila bertemu dengan persimpangan yang ada jembatan sebaiknya mengambil jalur jalan lurus.

"Sebaiknya, tidak di pagi hari sekitar pukul 07.00 atau pukul 08.00. Termasuk juga pukul 16.00 dan 17.00, karena saat jam ini lalu lintas akan padat. Kendaraan yang melintas akan padat," kata seorang warga.

Karena, apabila pengendara masuk ke kiri jalan tersebut, maka pengendara akan masuk ke wilayah Tanah Mas. Sebenarnya, jalan di wilayah Tanah Mas ini bisa tembus ke Jalan Bay Pass Alang-alang Lebar. Akan tetapi, bila tidak paham maka bisa tersesat dan malah masuk ke wilayah perumahan Tanah Mas.

Saat bertemu simpang di Jalan Tanah Mas, pengendara mengambil jalan lurus dan terus mengikuti jalan tersebut. Nantinya, pengendara akan masuk ke wilayah Desa Talang Buluh. Tak jauh dari Kantor Kades Talang Buluh, pengendara akan sampai ke persimpangan.

Persimpangan ini juga terdapat penunjuk arah. Bila mengambil jalan lurus maka pengendara akan menuju ke wilayah Semuntul Banyuasin. Sehingga, pengendara harus mengambil jalan ke kiri menuju ke Dusun III Desa Talang Buluh Kabupaten Banyuasin. Pengendara tetap terus mengikuti jalan ini.

Saat melintasi jalan ini, pengendara juga diminta waspada. Karena, kontur jalan di sini banyak belokan bahkan sampai 90 derajat. Selain itu, jalan ini juga ada yang menanjak dan menurun. Tak hanya itu, pengendara juga diminta waspada lantaran jalan ini banyak sekali dilalui kendaran dumptruk yang mengangkut tanah.

Bila pengendara terus mengikuti jalan ini, maka pengendara akan sampai di belokan ke kiri. Disebelah kanan, terdapat masjid dan itulah perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuasin dan Palembang.

Baca juga: Harga Karet di Sumsel Hari Kamis 7 Oktober 2021, Alami Kenaikan Rp 88 per kg

Terus mengikuti jalan ini, pengendara sudah memasuki wilayah Palembang. Bila terus melaju, pengendara akan sampai di Markas Yonif Raider 200/BN. Sebaiknya, pengendara terus mengikuti jalan tersebut hingga melintas di depan Polsek Gandus dan Kantor Kecamatan Gandus.

Pengendara disarankan, untuk terus mengikuti jalan utama yang ada di wilayah Gandus tersebut. Mengikuti jalan utama maka pengendara akan sampai di wilayah Musi 2. Jalan utama yang dilalui, akan sampai tepat di bawah Jembatan Musi 2. Di sini, pengendara bisa memilih untuk meneruskan perjalanan. Bisa masuk ke Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara menuju ke Kota Palembang atau naik ke Jembatan Musi 2 menuju ke wilayah Seberang Ulu.

"Dengan kecepatan sekitar 50 sampai 60 km per jam, bisa sampai ke Musi 2 diperkirakan memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Jalan ini bebas dari kemacetan dan padatnya kendaraan yang lalu lalang," katanya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved