Breaking News:

Berita OKU Timur

Cerita Alumni Unsri 2 Kali Lulus Passing Grade CPNS, Tapi Gagal di Ranking, Tekad Masuk Tiga Besar

Meski sudah dua kali gagal dalam seleksi CPNS, hal itu tidak membuat semangat dari Ari Wijaya luntur.

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/EDO PRAMADI
Ari Wijaya (25) peserta CPNS asal Palembang mengikuti seleksi di Kabupaten OKU Timur saat dijumpai di SMPN 1 Martapura, Senin (27/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA - Meski sudah dua kali gagal dalam seleksi CPNS, hal itu tidak membuat semangat dari Ari Wijaya luntur.

Alumni jurusan teknik kimia Universitas Sriwijaya ini kembali mengikuti tes CPNS di tahun 2021 dan berharap bisa lulus hingga resmi menjadi PNS.

Pertama kali ia pernah ikut seleksi di kota Palembang dan di tahun berikutnya ia mengikuti tes di Kabupaten Musi Banyuasin.

Kemudian kali ini ia mencoba peruntunganya ikut tes di Kabupaten OKU Timur dengan mengambil formasi penera di Dinas Perdagangan seksi sarana dan prasarana.

Ari sebenarnya sudah dua kali lulus pasing grade bahkan ia pernah masuk ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Pertama kali tes di Palembang, saat itu saya sudah masuk di SKB tapi gugur di pemeringkatan," kata pria usia 25 tahun ini saat dijumpai Tribun Sumsel di lokasi seleksi CPNS SMPN 1 Martapura, Senin (27/09/2021).

Tidak tanggung-tanggung, demi mengikuti tes CPNS tahun ini warga Kecamatan Sako, Kota Palembang ini berangkat dari rumahnya sejak subuh pukul 03.00 WIB, dan baru sampai di Martapura OKU Timur sekitar pukul 10.30 WIB.

"Jadwal saya hari ini mas pukul 12.30 WIB," katanya.

Tahun ini ia memilih formasi di Pemerintahan Kabupaten OKU Timur dengan harapan peluang diterimanya lebih besar dibanding Palembang.

"Untuk jurusan saya cuma ada dua di Sumsel ini formasinya di Palembang dan di OKU Timur, di sana (Palembang) pesaingnya lebih banyak," kata dia.

Mengenai persiapan dalam belajar, ia mengatakan lebih fleksibel karena saat ini ia juga sambil bekerja.

"Harapan saya bisa dapat nilai terbaik dan masuk pemeringkatan tiga besar," kata Ari.

Baca juga: Viral Mahasiswi Mengaku Jadi Korban Pelecehan Oknum Dosen, Unsri Angkat Bicara

Terkait materi soal seleksi, kata dia, semuanya harus ditingkatkan baik itu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Saya belajar via aplikasi di play store, google play dan di youtube juga banyak yang membahas soal. Kalau untuk TWK harus benar-benar diperdalam dan membaca buku," tutupnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved