Breaking News:

Akidi Tio Sumbang 2 Triliun ke Sumsel

Soal Bantuan Akidi Tio Rp 2 Triliun, Mantan Walikota Palembang ESP: Tunggu Saja

Anggota DPR RI dan Mantan Walikota Palembang Eddy Santana Putra (ESP) beyukur mendengar Akidi Tio menyumbang uang Rp Rp 2 Triliun untuk Sumsel

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Rahmat Aizullah /Tribun Sumsel
Mantan Walikota Palembang Eddy Santana Putra tanggapi tentang bantuan RP 2 Triliun dari Akidi Tio 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Adanya bantuan dari pengusaha asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur bernama Akidi Tio, secara sukarela menyumbangkan uang sebesar Rp 2 Triliun kepada Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Senin (26/7/2021) lalu, diakui sejumlah anggota DPR RI asal Sumsel perlu diapresiasi dan dalam keadaan saat ini diperlukan orang seperti itu.

Anggota DPR RI daerah Pemilihan Sumsel Eddy Santana Putra (ESP), meski tidak mengetahui secara pasti sosok keluarga alm Akidi Tio, namun ia bersyukur ada masyarakat saat ini yang peduli dalam penanganan Covid-19 , dengan penyumbangkan hartanya yang tidak kecil.

"Alhamdulillah ada masyarakat yang sangat peduli memberikan bantuan yang besar untuk Sumsel, dan jika bantuan ini teralisasi harus disalurkan dengan benar amanat untuk penanggulangan covid-19," capnya politisi Gerindra ini.

Selain itu, mantan Walikota Palembang ini menilai besaran bantuan itu bisa saja, karena dari menabung, atau hasil dari kerja kerasnya selama ini. 

"Bisa juga tabungan Akidi selama ini di Singapura, apalagi beliau dekat dengan  Tong Joe sehingga bisa saja usaha bersama atau bantuan ini duit dari Tong Joe. Kalau masyarakat bertanya, tunggu saja, apalagi dr Hardi yang diserahkan menyaksikan dan mengurusi itu. Apalagi jelas kredibikitasnya (dr Hardi) saya kenal baik dan tidak ada yang disembunyikan. Selain itu, yang paling benar bagi masyarakat Sumsel nanti penggunaanya itu harus amanat, dan kita orang Sumsel bangga," capnya.

Hal senada diungkapkan anggota DPR RI dari fraksi Nasdem Fauzi Amro menyatakan, jika adanya bantuan Akidi itu bagus, meski ia hanya mengetahui sosok Akidi dari beberapa sumber yang ada yaitu pengusaha asal Aceh yang sudah kenal lama dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri yang mau menyumbangkan dana penanganan covid-19 di Sumsel.

"Jadi bagus ini, disaat kondisi bangsa saat ini ditengah pandemi covid-19 ada warga yang mau berkorban harta, tenaga dan pikiran," katanya.

Diakui Fauzi, setahunya selama ini karena bantuan ini belum dijabarkan secara lengkap hanya sumbangan Rp 2T,  belum tahu secara pasti. Tapi kalau diperbankan karena bentuknya deposito atau apalah, ia siap memfasilitasinya dan yang pasti diperbankan tidak rumitlah.

"Tapi yang pertama seorang yang pernah tinggal di Sumsel, pernah punya pabrik kecab dan pernah memimpin perusahaan lainnya, dengan kondisi covid-19 saat ini, bangsa Indonesia ada orang prihatin dan peduli itu bagus, dan kita harus menggugah orang- orang kaya di Indonesia termasuk di Sumsel untuk peduli terhadap bangsa, yang saat ini susah ngomongnya ditengah pandemi dan ekonomi lagi runtuh, dan kapan covid-19 ini berakhir," tuturnya.

Soal benar atau tidaknya sumbangan itu, Fauzi  menilai hal itu kemungkinan besar benar, karena melihat latar belakang dari almarhum yang merupakan seorang pengusaha dan amanat dititipkan ke anaknya untuk membantu masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved