Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2020

Peringkat 5 Daftar Perolehan Medali, ROC Negara Apa di Olimpiade Tokyo 2020? Ini Penjelasannya

ROC adalah singkatan dari Russian Olympic Committe atau Komite Olimpiade Rusia. Nama ini dipakai oleh atlet-atlet asal Rusia saat berlaga di Olimpiade

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
ROC adalah singkatan dari Russian Olympic Committe atau Komite Olimpiade Rusia. Nama ini dipakai oleh atlet-atlet asal Rusia saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. 

TRIBUNSUMSEL.COM, TOKYO-Hingga hari ini, Minggu (1/8/2021), ROC masih bersaing di peringkat atas perolehan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Sebenarnya ROC adalah negara apa?

ROC sebenarnya bukan nama negara. Oleh sebab itu banyak orang masih bingung dengan nama ini di daftar perolehan medali.

ROC adalah singkatan dari Russian Olympic Committe atau Komite Olimpiade Rusia. Nama ini dipakai oleh atlet-atlet asal Rusia saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

ROC saat ini berada di peringkat lima daftar perolehan medali. Mereka telah mengumpulkan 11 medali emas, 15 perak dan 12 perunggu.

ROC selalu mengundang perhatian masyarakat karena selalu muncul pada daftar atas peringkat perolehan medali sementara Olimpiade Tokyo 2020.

Kenapa Rusia pakai nama ROC di Olimpiade Tokyo 2020?

Nama ROC dipakai karena Rusia saat ini masih menjalani sanksi dari kasus doping.

Pada 2019, Rusia dijatuhi hukuman larangan tampil selama empat tahun di semua kompetisi internasional, termasuk Olimpiade, dari Agensi Anti Doping Dunia (WADA).

Hukuman datang sebagai akibat inkonsistensi data yang diambil WADA pada Januari 2019 dari sebuah lab di Moskow yang kabarnya menjadi pusat jaringan doping yang disponsori negara. WADA akhirnya menjatuhi sanksi setelah Agensi Anti Doping Rusia gagal bekerjasama penuh dalam penyelidikan ini.

Namun, tahun lalu, Pengadilan Arbitrase Olahraga memangkas hukuman terhadap Rusia itu menjadi hanya dua tahun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved