Breaking News:

Akidi Tio Sumbang 2 Triliun ke Sumsel

Mantan Ketua DPR RI Ungkap Fakta Lain Akidi Tio, Kerabat Tong Joe Taipan Pendiri Pertamina

Akidi Tio masih kerabat dari Tong Joe, taipan atau konglomerat Indonesia sukses di Singapura. Tong Joe, salah satu sosok pendiri Permina.

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Vanda Rosetiati
DOKUMENTASI POLISI
Penyerahan bantuan dana Rp.2 Triliun dari keluarga alm. Akidi Tio, pengusaha sukses asal Kota Langsa Kabupaten Aceh Timur yang pernah tinggal di Palembang untuk penanganan covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Adanya sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio, pengusaha asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur yang pernah tinggal di Palembang melalui Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Senin (26/7/2021) menjadi perhatian publik nasional hingga saat ini.

Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie, putra Sumsel dan Wong Palembang, ikut berkomentar di media sosialnya, dan berharap menginspirasi mereka yang sukses dalam ekonomi saat ini untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Fakta lain terungkap, ternyata Akidi Tio masih kerabat dari Tong Joe, taipan atau konglomerat Indonesia yang sukses di Singapura. Tong Joe, salah satu sosok pendiri Permina yang sekarang Pertamina. 

Mantan Sekretaris DPP Partai Demokrat tersebut menuliskan, adanya sumbangan dari Alm Akdi Tio itu merupakan terbesar kedua di dunia, setelah CEO Microsoft Bill Gates.

"Sumbangan terbesar di dunia diberikan oleh Bill Gate, no.2 di dunia adalah Alm Akdi Tio, yg dulunya tinggal di Palembang, msh kel Thong Ju, orang kaya Indonesia yang tinggal di Singapura. Beliau donasikan uang cash Rp 2 triliun. Ini harusnya menginspirasi kita semua utk berbuat sama," tulisnya.

Tangkap layar media sosial Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengungkap fakta lain Akidi Tio, yang menjadi trending topik karena menyumbang Rp 2 triliun.
Tangkap layar media sosial Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengungkap fakta lain Akidi Tio, yang menjadi trending topik karena menyumbang Rp 2 triliun. (TRIBUN SUMSEL/ARIF BASUKI)

Saat dikonfirmasi Tribunsumsel.com, Marzuki Alie membenarkan jika ia yang menulis status tersebut, dan membenarkan jika Alm Akdi Tio masih ada hubungan keluarga dengan Tong Djoe, yang merupakan pengusaha sukses Indonesia yang saat ini bermukim di Singapura.

"Iya, Tong Djoe itu dulu orang Palembang, zaman Bung Karno menetap di Singapura yang merupakan orang kaya dan terkenal di Palembang. Dulu katanya dia (Akidi) tinggal sama Tong Djoe dan dibesarkan Tong Djoe selama ini," kata Marzuki, Selasa (27/7/2021).

Meski begitu, mantan Direktur PT Semen Baturaja ini tidak mengetahui secara pasti sosok Akidi Tio, meskipun selama ini ia aktif di bidang sosial selama ini.

"Selama ini lost kontak dan tidak tahu selama ini, jadi luar biasa. Saya sebenarnya aktif dib idang sosial dan sebagainya, namun benar- benar tidak tahu, termasuk titiknya (keberadaan, Red) Akidi, mungkin masanya. Tapi pandemi covid-19 ini mereka bantu-bantu dan luar biasalah niat mulia bantuan Rp 2 triliun itu. Artinya, d iseluruh dunia sumbangan terbesar untuk kegiatan sosial selain Bill Gate yang kedua keluarga Alm Akidi Tio ini dan ini luar biasa," jelasnya.

Marzuki sendiri menilai, meski tidak terkenal selama ini Akidi, namun pastinya ada aset- aset usaha atau bisnis keluarga Akidi di Palembang yang masyarakat luas tidak mengetahuinya selama ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved