Breaking News:

Berita Banyuasin

11 Orang Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Banyuasin, 3 Pasien Positif Terpapar Covid 19

Sebanyak 11 orang saat ini sedang menjalani perawatan atau isolasi di RSUD Banyuasin, tiga diantaranya sudah dinyatakan positif terpapar Covid 19.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
DOK RSUD BANYUASIN
Suasana di depan ruang isolasi di RSUD Banyuasin. Sebanyak 11 orang jalani perawatan di ruang isolasi dan 3 di antaranya positif terpapar Covid 19, Kamis (22/7/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Sebanyak 11 orang saat ini sedang menjalani perawatan atau isolasi di RSUD Banyuasin. Dari 11 tersebut, tiga diantaranya sudah dinyatakan positif terpapar Covid 19 sedangkan sisanya masih suspek dan menunggu hasil laboratorium.

Tribunsumsel.com, mendatangi RSUD Banyuasin untuk melihat langsung ruangan isolasi diperuntukan bagi pasien yang terpapar Covid19.

Setidaknya, ada tiga ruangan yang disiapkan bagi pasien yang menjalani isolasi karena terpapar covid19. Tiga ruangan ini, diletakan terpisah-pisah antara ruang satu dan ruangan lainnya.

Untuk ruangan yang suspek, berada di depan. Sedangkan ruangan isolasi bagi pasien yang positif covid19 berada di belakang atau paling ujung rumah sakit. Tribunsumsel.com, hanya diperbolehkan untuk berada di luar atau berada di batas ruangan saja.

Sama sekali, tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruangan tersebut karena bisa membuat orang yang masuk bisa ikut terpapar. Karena, setiap petugas yang akan masuk harus menggunakan APD lengkap. Setelah keluar, kembali harus disemprot menggunakan cairan yang diperuntukan untuk membunuh virus atau bakteri.

Situasi di RSUD Banyuasin ini juga terbilang sepi, tidak ada orang yang berkunjung atau sedang menjalani perawatan. Tetapi, petugas kesehatan yang ada di rumah sakit ini, tetap berada di dekat bangsal perawatan untuk stanby.

Direktur RSUD Banyuasin dr Ari Faunta melalui Kabid Keperawatan Adi Santoso yang menemani berkeliling mengungkapkan, bila ada 11 orang yang sedang menjalani perawatan. Tiga diantaranya sudah positif terpapar covid19.

"Untuk oksigen yang berukuran besar, masih tersedia 48 tabung. Kami juga menyiapkan inhealer. Jadi untuk oksigen, tiga minggu ke depan masih aman," katanya.

Lanjutnya, untuk pasien yang terpapar Covid19 di RSUD Banyuasin memang rujukan dari puskemas yang ada di wilayah Banyuasin. Pasien-pasien ini, dari hasil scraning dari tim Satgas Covid19 yang mendapat laporan dan melakukan scranning.

"Pasien di jemput dan di isolasi. Bila hanya ringan, kami sarankan untuk isolasi mandiri. Tetapi, bila sudah gejalanya sedang bahkan berat langsung kami rawat di sini," pungkasnya.

Sedangkan Kabid Pelayanan Medik dr Rio Barliansyah menuturkan, untuk stok obat-obatan yang ada di RSUD Banyuasin saat ini juga masih terbilang aman.

"Yang dirawat di sini pasien yang sedang dan berat. Sehingga, obat-obatan seperti anti virus, vitamin, oksigen dan kebutuhan lainnya juga disiapkan. Kami juga sudah mengajukan, sebagai antisipasi bila nanti kekurangan obat," katanya.

Baca juga: Pengelola Wisma Atlet Siapkan Ruangan Napi Terpapar Covid, Ini Penampakannya, Tak Ubah Sel Penjara

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved