Breaking News:

Hari Anak Nasional 2021

Sejarah Tema, Sub Tema Serta Link Download Logo Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Unduh di Sini

Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Bagaimana sejarah diperingatinya Hari Anak Nasional di Indonesia?

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel
Peringatan Hari Anak Nasional 2021 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Hari Anak adalah sebuah perayaan yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara.

Di Indonesia, Hari Anak diperingati seluruh penjuru tanah air pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya.

Sejarah Hari Anak Nasional 2021

Sejarah diperingatinya Hari Anak secara Nasional pada awalnya dicetuskan oleh Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951.

Pada sidang saat itu, menghasilkan beberapa poin penting, satu diantaranya adalah penetapan Pekan Kanak-Kanak Nasional.

Satu tahun berselang, tepatnya pada tanggal 18 Mei 1952 Pekan Kanak-Kanak diperingati di deoan Istana Merdeka.

Setelah sukses dalam gelaran pertamanya, Pekan Kanak-Kanak Nasional lalu digagas untuk diperingati setiap pekan kedua bulan Juli yang bertepatan dengan libur kenaikan kelas di sekolah.

Namun gagasan tersebut tak memiliki acuan pada tanggal atau momen tertentu sehingga menimbulkan pergelutan penetapan Pekan Kanak-Kanak Nasional.

Setlah melalui perjalanan panjang, akhirnya pemerintah Orde Lama menetapkan tanggal 1-3 Juni sebagai hari anak Indonesia, karena momen tersebut bersamaan dengan Hari Anak Internasional yang berlangsung pada 1 Juni.

Pasca runtuhnya pemerintahan Orde Lama dan digantikan dengan Orde Baru, Presiden Soeharto memutuskan untuk mengganti kebijakan di era Presiden Soekarno termasuk peringatan hari anak Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved