Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Jelang Lebaran Harga Daging Kerbau di Kota Lubuklinggau Rp 140 Per Kilogram

Jelang Lebaran Idul Adha 1442 Hijriah, harga daging sapi dan daging kerbau naik signifikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Lubuklinggau Sumsel

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Heri saat menunjukkan lapak daging kerbau jualannya di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau Sumsel , Senin (19/7/2021). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Sehari menjelang Lebaran Idul Adha 1442  Hijriah harga daging sapi dan daging kerbau naik signifikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Lubuklinggau Sumsel, Senin (19/7/2021).

Meski harga daging naik tidak menyurutkan orang-orang untuk membelinya. Sejak pagi puluhan masyarakat sudah mengantri memadati para pedagang daging untuk membeli daging.

Para pengunjung terlihat rela berdesak-desakan, bahkan masih banyak yang terlihat tidak menggunakan masker apalagi bisa menjaga jarak satu sama lain.

Heri salah satu pedagang kerbau  mengatakan, setiap menjelang Lebaran harga daging sapi mengalami kenaikan, untuk saat ini naik sebesar Rp 10 ribu per kilogram.

"Naiknya sejak kemarin, biasa kalau mau Lebaran begini pasti naik. Sekarang Rp 140.000 per kilogram," kata Heri pada Tribunsumsel.com.

Warga Kelurahan Lubuk Tanjung ini mengaku, kenaikan harga daging ini memang sudah biasa terjadi setiap menjelang Lebaran. Meskipun harga daging sapi dan kerbau naik, pembeli cukup stabil.

"Untuk pembeli bila dibanding hari biasa  mengalami peningkatan, tapi tidak tidak seramai menjelang Lebaran Idul Fitri, karena rata-rata besok banyak masyarakat dapat daging kurban," ungkapnya.

Bahkan, menurutnya dampak dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pengetatan di Kota Lubuklinggau membuat jumlah pembeli sedikit turun.

"Tahun lalu masih cukup banyak tahun ini agak turun sedikit, dari pagi sampai saat ini baru terjual Rp 100,5 Kg, jauh bila dibanding tahun sebelumnya kita bisa memotong dua sampai tiga kerbau," ujarnya.

Terpisah, Tri pedagang ayam potong mengatakan, harga daging ayam potong juga merangkak naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram.

"Kalau naik baru sehari ini, kemarin masih dikisiran Rp 25 ribu, naik karena tingginya permintaan dari masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Wako Lubuklinggau: Bila Zona Merah, Shalat Idul Adha Hanya Boleh Digelar di Rumah

Ia mengungkapkan kenaikan dan turunnya harga ayam ini tidak menentu, menyesuaikan permintaan pasar, sebab saat meski mendekati Lebaran harga ayam potong sempat turun.

"Saat Ramadan sempat mencapai Rp 40 ribu per kilogram, kemudian turun jadi Rp 34 ribu per kilogram, turun lagi Rp 25 ribu naik lagi baru hari ini," paparnya.

Sementara harga komoditi yang masih terpantau normal saat ini cabai merah masih dikisaran Rp 30 ribu per kilogram dan cabai rawit kecil masih dikisaran Rp 32 ribu per kilogram

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved