Breaking News:

Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih yang Difermentasikan atau Black Garlic Menurut Dokter Febri, Menjaga Kadar Gula

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan bawang putih ini juga bisa difermentasi dan jadi bawang hitam atau balck garlic. 

tribunsumsel.com
Manfaat Bawang Putih yang Difermentasikan atau Black Garlic Menurut Dokter Febri, Menjaga Kadar Gula 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Manfaat Bawang Putih yang Difermentasikan atau Black Garlic Menurut Dokter Febri, Menjaga Kadar Gula.

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan bawang putih ini juga bisa difermentasi dan jadi bawang hitam atau balck garlic. 

"Kalau di Indonesia mungkin masih terbilang asing dengan bawang hitam atau bawang fermentasi. Tapi kalau di China atau negara lain sudah tidak asing lagi," kata Dokter Febrika Wediasari MSi Bidang Herbal di LKTM Palembang, Minggu (11/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, selain dari warnanya yang hitam, bawang yang difermentasikan ini juga memiliki ciri khas lain, yakni teksturnya yang lembut dan kenyal. Sedangkan dari segi  rasanya manis dan asam.

"Bawang hitam atau balck garlic merupakan hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan dalam jangka waktu lama, sampai dihasilkan warna hitam," katanya.

Menurutnya, warna hitam terjadi karena adanya proses fermentasi secara alami. Biasanya untuk menghasilkan bawang hitam ini perlu waktu 30-40 hari.

"Bawang hitam atau bawang yang difermentasikan ini banyak manfaat seperti bagus sebagai antioksidan. Lalu bisa juga untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan imun, menjaga kadar gula darah dan lain-lain," katanya.

Dokter Febrika menambahkan, banyak tanam herbal yang ada di dunia. Bahkan setidaknya ada sekitar 28 ribuan tanaman, dan yang bersifat sebagai obat ada 9600 an, termasuklah bawang putih.

Indonesia negara terbesar kedua, setelah Brazil untuk tanaman herbal yang ada. Di Indonesia yang baru dimanfaatkan itu sekitar 1500 an tanaman, itu yang baru dibudidayakan dan diketahui. Artinya dari 9600 masih banyak, karena baru diketahui 1500 an.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Mentah, Sebagai Antibiotik Alami Hingga Membuang Racun di Tubuh

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Sebagai Antibiotik alami Hingga Mengurangi Darah Mimisan, Lakukan Hal Berikut

Baca juga: 5 Manfaat Bawang Putih Rebus Ampuh Untuk Stabilkan Tekanan Darah, Sekarang Tidak Perlu Panik Lagi

Itulah Manfaat Bawang Putih yang Difermentasikan atau Black Garlic Menurut Dokter Febri, Menjaga Kadar Gula.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved