Breaking News:

Kadis Kominfo Pimpin Rapat Pengintegrasian Aplikasi OPD Di Lingkungan Pemkot Lubuklinggau

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi memimpin rapat pengintegrasian

Editor: Prawira Maulana
IST
Kadis Kominfo Pimpin Rapat Pengintegrasian Aplikasi OPD Dilingkungan Pemkot Lubuklinggau 

LUBUKLINGGAU - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi memimpin rapat pengintegrasian aplikasi OPD di Command Center, Lantai 4 Gedung Pemerintah Kota Lubuklinggau, Kamis (1/7).

Hal ini didasari masih terkotak-kotaknya aplikasi maupun data yang ada dalam suatu pemerintahan sehingga dinilai kurang efisien dan efektif.

Untuk itu, perlu adanya pengintegrasian aplikasi-aplikasi yang ada menjadi satu aplikasi dalam  dalam rangka memperkuat konsep Smart City di Kota Lubuklinggau. 

Dalam kesempatan tersebut, Erwin Armeidi menjelaskan maksud dari pengintegrasian adalah bagaimana aplikasi-aplikasi yang ada di masing-masing OPD terintegrasi dalam satu aplikasi atau satu dashboard. 

Sehingga nantinya terkoneksi dalam sebuah aplikasi untuk melihat atau menggunakan aplikasi-aplikasi terkait maupun data-data yang ada di masing-masing OPD.

Selama ini, kata Erwin, aplikasi-aplikasi yang dimiliki OPD masih bersifat tersendiri. Artinya, untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, harus membuka akses di portal masing-masing OPD sehingga kurang optimal.

“Tetapi dengan adanya pengintegrasian, cukup mengunjungi satu aplikasi saja untuk mengakses ke berbagai aplikasi yang dimiliki OPD,” terang dia.

Dirinya juga berharap kedepan jika ada inovasi baru dalam pembuatan aplikasi bisa dikomunikasikan dengan Dinas Kominfo ketika membangun aplikasi. Sehingga pengintegrasian aplikasi tersebut lebih mudah. 

Nantinya setelah pengintegrasian, tentu bisa  dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat dengan satu aplikasi atau satu dashboard. 

Sementara itu, Jauhari, selaku pengembangan aplikasi portal Smart City menjelaskan inovasi-inovasi yang diciptakan oleh masing-masing OPD yang selama ini hanya bisa dilihat oleh OPD bersangkutan. 

Ke depan seluruh aplikasi dan inovasi OPD-OPD yang ada cukup dilihat di satu aplikasi atau satu dashboard saja tanpa harus menghilangkan aplikasi yang ada di OPD masing-masing,” pungkasnya. (*)

Area lampiran

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved