Breaking News:

Berita Palembang

Pencegahan Karhutla di Sumsel, Warga Bisa Lapor Lewat Aplikasi Songket, Unduh di Playstore

Yang paling penting dari pengembangan aplikasi Songket ini adalah masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini agar bisa mencegah Karhutla.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Polda Sumsel bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kodam II Sriwijaya memberikan edukasi kepada stake holder terkait aplikasi Songket.

Edukasi sebagai tindak lanjut dan sebelumnya aplikasi ini sudah dilaunching, dibangun dan dikembangkan oleh Ditreskrimsus Polda Sumsel bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Sumsel, dan Telkom Indonesia,

"Jadi peragaan peralatan drone untuk antisipasi Karhutla ini adalah untuk menindaklanjuti aplikasi Songket yang sudah kami bangun, selanjutnya kami akan memberikan informasi dan edukasi kepada stake holder dan akan disebarkan kepada masyarakat tentang aplikasi Songket ini," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Jumat (11/6/2021).

Dia mengatakan tidak hanya sekedar membuat aplikasi tetapi yang paling penting adalah masyarakat tahu dan bisa memanfaatkan aplikasi Songket ini.

"Yang paling penting dari pengembangan aplikasi Songket ini adalah masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini agar bisa mencegah Karhutla," kata Eko.

Tidak hanya menindaklanjuti aplikasi Songket, juga dibentuk Drone Squad di setiap Polres di Kabupaten Kabupaten di Sumatera Selatan.

“Ini adalah efek deteren sekaligus juga patroli dan kalau ada kejadian di lapangan kan bisa langsung gerak,” ujarnya.

Baca juga: Target 15 Ribu Unit, DPD REI Sumsel Realisasikan Penjualan 5.000 Unit Rumah, Data Per Mei 2021

Baca juga: Mutasi Perwira Polres Ogan Ilir, AKP Sischa Agustina Jabat Kasat Reskrim Gantikan AKP Robi Sugara

Sementara itu, aplikasi Songket ini sebagai project pilot penanganan Karhutla secara digital yang memiliki fitur lengkap dengan titik koordinat sampai informasi akses terdekat.

"Dan aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore tapi masih belum banyak yang paham ya makanya kami adakan edukasi sehingga nanti anggota dari mulai TNI, Polri dan semuanya akan disebarkan kepada masyarakat sehingga nanti kita akan real time mendapatkan informasinya," ujar Eko.

Jadi siapapun yang melihat kejadian kebakaran bisa langsung melaporkan melalui aplikasi Songket.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved