Breaking News:

Berita Kriminal Palembang

Kacab PT Marco Tour dan Travel Umroh Palembang Ditangkap, Diduga Gelapkan Uang Jemaah Rp 1 Miliar

Hingga kini kasusnya masih dalam pengembangan anggota pidsus Polrestabes Palembang, terkait adanya dugaan pelaku lain.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kepala Cabang PT Marco Tour dan Travel Umroh Palembang, Sukiyanto Pangestu (43) tertunduk malu dan pasrah saat digiring oleh tim Unit Pidana Khusus (Pidsus) Pimpinan Kanit Pidsus AKP Iwan Gunawan ke Mapolrestabes Palembang, Jumat (4/6/2021) sore jelang maghrib.

Warga jalan komplek Green Palm Residen Blok A No 06 Jalan RA Abusama Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang ini diamankan petugas pidsus lantaran melakukan aksi penggelapan dalam jabatan dan akibat ulahnya ratusan jemaah yang sudah menyetorkan uangnya batal umroh dan ibadah haji.

Suki, ketika ditemui oleh awak media dia berdalih bahwa tidak ada ada maksud menggagalkan keberangkatan jemaah haji dan umroh.

"Sebenarnya ini semua efek domino karena pada saat itu terjadi covid dan dari sana (Mekkah) tutup akhirnya terjadilah kesalahan-kesalahan seperti ini," katanya saat menjawab pertanyaan awak media, Sabtu (5/6/2021).

Karena banyak jemaah yang gagal berangkat itu, dia berdalih bahwa akan bertanggung jawab.

"Dan saya pun membuka perusahaan baru. Saya berhasil memberangkatkan jemaah haji dan umroh lainnya disitu saya selipkan 4 orang yang sebelumnya belum bisa berangkat (di PT tempat dia bekerja sebelumnya)," bebernya.

Tapi untuk berapa kerugian dan berapa jumlah yang belum berangkat dia berdalih tidak bawa data dan langsung ditangkap petugas Unit Pidsus Polrestabes Palembang.

"Sebenarnya juga dana dari PT sebelumnya tempat saya bekerja saya alihkan dengan menyelipkan jemaah yang belum berangkat sekitar 2-4 orang," katanya.

Terkuaknya kasus ini berawal adanya laporan salah satu jamaah, yakni Syarif Habib Thalib (28) warga komplek Kalista Regensy 4 Jalan Al Khoirot Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur yang melapor ke Polrestabes Palembang dengan LP Nomor: 1703 / K / IX / 2020 / Res. JT, tanggal 25 September 2020.

Sejak bulan November 2018 sampai dengan bulan Maret 2020 PT Marco Tour dan Travel Palembang mendapat jemaah sejumlah 22 kloter dengan total 713 orang dan tagihan total yang wajib disetorkan sebesar Rp 13.035.094.400.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved